Video Kunjungan Jokowi ke Natuna, Bukan ke Pulau Pasir

9 November 2022, 05:48:07 WIB

KABAR tentang Pulau Pasir yang menjadi permasalahan Indonesia-Australia semakin liar di media sosial. Salah satunya menyebar melalui video pendek di aplikasi TikTok. Menurut informasi, Presiden Joko Widodo tanpa rompi antipeluru meninjau langsung kondisi Pulau Pasir.

’’Presiden Jokowi berani tinjau pulau pasir putih tanpa rompi anti peluru,’’ tulis akun TikTok Berita Indonesia 01 beberapa hari lalu. Akun tersebut juga menyertakan thumbnail gambar yang menunjukkan Jokowi melihat kondisi luar dari dalam pesawat.

’’Tanpa rompi pengaman Jokowi tinjau langsung pulau pasir NTT,’’ bunyi keterangan tangkapan gambar thumbnail tersebut. Tampak, dalam gambar itu juga menunjukkan sebuah pistol (cutt.ly/CekPulau).

Video berdurasi 1 menit 14 detik itu merupakan beberapa gabungan video. Satu di antaranya menampilkan Jokowi berada di atas kapal perang bersama Gatot Nurmantyo yang mengenakan seragam TNI jenderal bintang empat. Saat ini Gatot sudah purnatugas.

Penelusuran pertama, cuplikan video Jokowi tengah melihat pulau itu sudah ada di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada 5 Januari 2020. Video itu berjudul Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Bencana Banjir dan Longsor, Sukajaya, Bogor 5 Januari 2020. Terlihat pula pada video itu Kepala BNPB Doni Monardo yang menyaksikan kondisi Sukajaya seusai diterpa bencana longsor dari udara. Anda dapat melihatnya di cutt.ly/TinjauLongsor2020.

Kedua, video presiden memakai jaket bomber dan topi KRI Usman Harun tersebut diambil pada 2020. Saat itu rombongan Presiden Jokowi mengunjungi Natuna. Video identik itu diunggah kanal YouTube CNN Indonesia berjudul Presiden Jokowi Kunjungi Natuna, Bertemu Nelayan dan Tinjau Kapal Perang. Keterangan pada kanal tersebut jelas mematahkan segala yang disampaikan narator terkait klaim Jokowi datang ke Pulau Pasir, NTT. Anda dapat melihatnya di cutt.ly/KunjungiNatuna2020.

Sementara itu, berita yang dibacakan narator tersebut mengulas kesiapan Korem 033/WP dan petugas gabungan pengamanan kunjungan presiden ke Natuna pada 7 Januari 2020. Anda dapat membacanya di cutt.ly/KunkerNatuna.

FAKTA

Video Presiden Jokowi memberikan pernyataan saat berada di Pulau Natuna pada 2020. Bukan kunjungan ke Pulau Pasir, NTT.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads