alexametrics

Viral Pesawat Hercules TNI Jatuh di Papua, Ini Faktanya

9 November 2020, 17:59:21 WIB

JawaPos.com – Viral di aplikasi percakapan WhatsApp (WA) sebuah foto yang memperlihatkan bangkai pesawat Hercules milik TNI jatuh dan rusak parah. Dalam foto tersebut terlihat pesawat menyisakan bagian ekornya dengan logo bendera Merah Putih.

Dari informasi yang viral, pesawat tersebut jatuh di wilayah Papua pada Senin (9/11) pukul 09.00. Pesawat tersebut dikabarkan membawa 100 prajurit TNI.

Saat dikonfirmasi terkait kabar viral tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto membantah jika ada pesawat TNI jatuh pada Senin (9/11). Menurutnya foto tersebut adalah peristiwa lama.

“Itu foto-foto tahun 2016. Tidak ada berita pesawat jatuh,” kata Fajar kepada JawaPos.com.

Senada dengan itu, Kapendam VII/Cendrawasih Kolonel Arm Reza Nur pun membantah. Dia telah mengonfirmasi langsung kepada pihak Lanud Silas Papare dan dipastikan foto yang beredar adalah sisa puing-puing jatuhnya pesawat Hercules di Papua pada 2016 silam.

“Informasi dari Kadisops Lanud SP berita tersebut terjadi 4 tahun lalu,” jelas Kolonel Arm Reza.

FAKTA

Foto bangkai pesawat Hercules yang viral pada Senin (9/11) dan menyisakan bagian ekor adalah foto lama. Itu adalah foto pesawat Hercules yang jatuh di Papua pada 2016 silam.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads