alexametrics

Sebar Hoax Patung Moai Pulau Paskah sebagai Berhala Makkah

9 Oktober 2021, 05:48:12 WIB

WARGANET yang satu ini rupanya buru-buru mem-posting gambar tanpa menelusuri kebenaran informasi. Misalnya, akun Facebook RA RA yang mengunggah tangkapan gambar berupa patung-patung besar yang diklaim sebagai berhala di Makkah.

”Ingat ya Ukhty Akhy ngga boleh make emot macam niii.” Begitu keterangan capture tersebut. Dicantumkan pula emotikon gambar patung yang mudah dijumpai pada aplikasi pesan seperti di WhatsApp. Akun tersebut juga memperlihatkan hasil penelusuran dengan memasukkan kata ”berhala terbesar dimekah”.

Di bagian bawah gambar ada patung besar yang disertai tulisan ”menyembah patung”. Bentuk patung tersebut sekilas mirip dengan emotikon yang dicantumkan pada rangkaian gambar hasil tangkapan layar itu.

”Setidak nya memberi tahu,” tulis akun RA RA pada 2 Oktober 2021. Akun tersebut menandai lima akun lainnya (bit.ly/BerhalaMakkah).

Dalam KBBI V, berhala berarti patung dewa atau sesuatu yang didewakan untuk disembah dan dipuja. Saat melakukan penelusuran, batu dengan bentuk ukiran wajah itu lebih mirip Patung Moai. Situs penyedia foto Getty Images menyuguhkan sedikitnya 3.458 foto yang menampilkan patung tersebut dalam berbagai angle.

Tentu, lokasi patung itu bukan berada di Makkah. Patung tersebut berada di Pulau Paskah, Cile, yang terletak di selatan Samudra Pasifik (bit.ly/PatungMoai).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/jun

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads