alexametrics

Uniknya Kipas Angin Menerbangkan Kapal Kertas

9 Oktober 2019, 20:12:26 WIB

JawaPos.com – Anda pasti kagum jika melihat video pesawat kertas yang diunggah akun Twitter Physics & Astronomy Zone (@ZonePhysics). Tampak sebuah pesawat kertas terbang memutar terus-menerus di atas enam kipas angin yang disusun melingkar. ’’Physics is fun,’’ tulis akun tersebut yang sudah di retweet lebih dari 2.000 kali.

Tetapi, tak perlu Anda mencoba itu di rumah. Sangat mungkin gagal. Sebab, video tersebut ternyata hasil karya Vernon James Manlapaz, seorang short magical videos. James pernah mengunggah video yang sama di akun Instagram miliknya pada 4 September 2016. ’’Bermain dengan beberapa meja dan kipas kantor,’’ tulis James. Anda dapat melihatnya di bit.ly/KipasMagic.

 

View this post on Instagram

 

Playing with some office desks and fans. It works!!! #vine #magic #magicvine #loop #paper #airplane #office #fan

A post shared by Vernon James Manlapaz (@vernbestintheworld) on

Ada begitu banyak video unik karya James Manlapz yang diunggah di akun Instagram-nya. Mulai ikan raksasa yang terbang di atas waterpark, kepiting raksasa berjemur di antara para wisatawan yang sedang menikmati suasana pantai, hingga peralatan dapur yang terbang seperti di dalam ruangan tanpa grafitasi.

Situs pencari fakta HoaxEye menyebutkan bahwa video kapal kertas yang terbang di atas kipas angin merupakan hasil karya seni dari computer generated imagery (CGI) atau visual effect (VFX). Anda bisa melihat ulasan yang diunggah pada 2 Februari 2019 di bit.ly/EfekVisual.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c4/fat



Close Ads