Nomor Sakti 112 di Jakarta

09/09/2018, 10:45 WIB | Editor: Bintang Pradewo
()
Share this image

JawaPos.com - Viral sebuah nomor tunggal layanan darurat untuk melaporkan beberapa kejadian yang ada di Jakarta. Bernama Jakarta Siaga, masyarakat katanya bisa mengakses nomor 112.

Nomor 112 yang tersebar dalam aplikasi pesan singkat itu melayani beberapa aduan seperti kedaruratan medis, kebakaran, gangguan kamtibnas, bencana, kecelakaan, kekerasan dalam rumah tangga, ODMK, PMKS, dan kegawatdaruratan lainnya yang mengancam jiwa.

Memakai logo Polda Metro Jaya, layanan tersebut bisa diakses dari semua operator telepon, telepon seluler (dengan atau tanpa simcard), dan telepon rumah secara gratis selama setiap hari dan setiap waktu.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya mengaku belum menetahuinya. "Saya cek dulu tentang ini. Coba saja dibel (ditelepon)," ujarnya kepada JawaPos.com, Minggu (9/9).

JawaPos.com lantas mencoba menghubugi nomor itu. Ada seorang operator yang mengangkatnya. "Selamat pagi dengan Ara di Jakarta Siaga 112, ada yang bisa kami bantu?" jawab sambungan telepon itu.

Ketika dikonfirmasi apakah nomor tersebut merupakan layanan pengaduan darurat, dia membenarkannya. "Iya ini Jakarta Siaga 112 untuk melaporkan bencana alam dan emergency medis, bisa saya bantu," kata Ara lagi.

Dia menambahkan bahwa laporan yang diterima layanan ini nantinya disambungkan ke instansi terkait. "Bisa ke Polda, pemadam, atau ambulan," tukasnya. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi