alexametrics

Hoax Kapal Tenggelam 5 Februari 2021

9 Februari 2021, 05:48:48 WIB

AKUN Facebook Gunawan tiba-tiba menyebar kabar mengejutkan. Menurut dia, terjadi kecelakaan kapal penyeberangan Gilimanuk–Ketapang pada 5 Februari 2021. Kabar itu bahkan disertai video sebuah kapal penumpang yang tenggelam di lautan. Anehnya, sama sekali tidak ditemukan berita sebesar itu di media-media arus utama.

”Detik detik kecelakaan kapal penyebrangan gilimanuk ketapang. Hari Jumat 5 Feb 2021,” tulisnya pada Sabtu, 6 Februari 2021 (bit.do/TenggelamJumat). Video yang menyertai kabar itu berdurasi 5 menit 9 detik. Tampak sebuah kapal penumpang miring perlahan-lahan sampai akhirnya terguling dan tenggelam.

Video itu memang asli. Tapi, keterangan yang menyertainya palsu. Kapal tersebut tenggelam di Selat Bali pada Maret 2016. Video yang sama pernah diunggah kanal YouTube GAMA comnet pada 4 Maret 2016 atau pada hari yang sama dengan terjadinya kecelakaan.

Di kolom keterangan disebutkan, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Rafelia 2 yang berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, tenggelam di Selat Bali pada Jumat sekitar pukul 13.00 WIB. Anda dapat melihatnya di bit.do/Kejadian2016.

Sementara itu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengumumkan laporan akhir hasil investigasi kecelakaan KMP Rafelia 2. Ketua Sub Komite Kecelakaan Transportasi Laut KNKT Aldrin Dalimunthe menjelaskan, stabilitas kapal saat berangkat sudah tidak memenuhi kriteria. Beban yang diangkut melebihi kapasitas maksimum yang diizinkan.

Akumulasi masuknya air laut yang cukup banyak pada saat kapal berlayar mangakibatkan penurunan stabilitas kapal dengan cepat. ”Air laut itu berasal dari gelombang haluan yang masuk melalui pintu rampa haluan yang tidak tertutup. Kapal menjadi miring dan tidak bisa kembali tegak,” ujarnya.

Baca Juga: Kemasukan Saham Siluman, Modal Rp 6,5 Miliar Hanya Tersisa Rp 1,7 M

Saat itu, pintu rampa atau pintu untuk memasukkan kendaraan ke kapal memang dibuka dan hampir sejajar dengan permukaan air laut. Akibatnya, semakin banyak air laut yang masuk ke geladak kendaraan dan mempercepat laju kemiringan kapal. Anda dapat membaca ulasan JPNN.com itu di bit.do/KMPRafelia2.

FAKTA

Video kapal tenggelam yang dibagikan ulang akun Facebook Gunawan merupakan rekaman kejadian pada 4 Maret 2016.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar




Close Ads