alexametrics

Tampilkan Foto Lapas di Malang, Bukan Rutan Mabes Polri

8 Oktober 2021, 05:48:36 WIB

INFORMASI palsu tentang mantan pimpinan FPI Rizieq Syihab masih dijumpai di media sosial. Informasi itu beredar dengan menyertakan tangkapan layar dari posting-an Facebook. Menurut informasi tersebut, Rizieq mengubah suasana rutan menjadi pesantren.

”POLRI Akui Habib Rizieq buat Suasana Rutan Bareskrim Bak Pesantren.” Begitu keterangan dalam tangkapan gambar. Tidak sedikit yang memercayai informasi itu benar. Contohnya, akun Facebook Adi Muhadi. Unggahan serupa ditemukan di akun Bodi Sambung Nugroho tiga hari lalu.

”Emas walau pun di tempat yg tidak layak tetap menjadi emas yg mulia yg selalu memancarkan sinarnya yg kinclong.” Begitu tulis akun Adi Muhadi pada Selasa, 5 Oktober 2021 (bit.ly/RubahNuansaRutan).

Foto yang dijadikan objek utama dalam unggahan tersebut ternyata bukan di Rutan Mabes Polri. Berdasar penelusuran, tidak ada kaitan foto tersebut dengan Rizieq Syihab. Foto ratusan orang berpakaian putih di balik jeruji besi itu ada sejak 2017.

Lokasinya berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Lowokwaru, Malang. Foto tersebut digunakan portal berita Liputan 6 yang mengabarkan perubahan lapas selama mengikuti kegiatan rohani. Yang jelas, tidak menggambarkan Rizieq Syihab selama menjalani masa tahanan.

”Para santri Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Klas I Lowokwaru, Malang, Senin (5/6). Pondok pesantren itu didirikan sebagai upaya pembelajaran, kajian religius, serta upaya penyadaran bagi 400 santri yang merupakan narapidana.” Begitu keterangan foto tersebut. Anda dapat membacanya di bit.ly/FotoLapas2017.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/jun

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads