alexametrics

Bukan Video Warga Austria Antre Masuk Islam

8 Oktober 2020, 04:04:38 WIB

MEMBUBUHKAN narasi palsu pada sebuah rekaman peristiwa menarik menjadi salah satu modus penyebaran hoax. Terlebih jika peristiwa itu berkaitan dengan isu agama, khususnya Islam. Banyak peristiwa di luar negeri yang diberi keterangan tidak sesuai fakta. Misalnya, sebuah video kerumunan yang diberi keterangan bahwa 500 ribu orang Austria antre masuk Islam.

”Masya Allah, berita bahagia bagi umat Muslim, 500 ribu warga Austria antre masuk Islam, Allah Huakbar 3x,” begitu kabar yang ditulis akun Facebook Eko Permadi pada 3 Oktober 2020. Akun itu juga membagikan ulang video posting-an Camba²City (bit.do/AntriMasukIslam).

Dalam video tersebut, tampak ribuan perempuan berhijab melakukan long march sambil membentangkan poster dan spanduk. Rekaman berdurasi 8 menit 25 detik itu juga menyisipkan sejumlah cuplikan, termasuk beberapa pemuda mengucapkan kalimat syahadat.

Namun, saat dicek menggunakan situs padanan gambar, video ribuan perempuan berdemo itu pernah diunggah kanal YouTube milik Misho Only One pada Februari 2017. Disebutkan bahwa mereka memprotes larangan berhijab di tempat umum yang dikeluarkan pemerintah Austria bagi perempuan muslim di negara tersebut.

Sementara itu, situs berbahasa Italia it.notizie.yahoo.com menyebutkan, aksi tersebut merupakan protes yang dilakukan 3.000 perempuan di Wina, Austria. Mereka menentang larangan mengenakan cadar di tempat umum, seperti sekolah dan rumah sakit di Wina.

Portal dailymail.co.uk mengulas video yang sama pada 6 Februari 2017. Disebutkan bahwa ribuan orang terlibat dan ambil bagian dalam rapat umum untuk menyerukan agar perubahan hukum dibatalkan. Mereka juga menuduh pemerintah Austria terjangkit Islamofobia.

Spanduk yang dibawa muslimah Austria itu menyatakan bahwa mengenakan hijab adalah pilihan pribadi. Para pengunjuk rasa mengklaim larangan mengenakan hijab di tempat umum adalah kebijakan yang bersifat seksis dan antimuslim. Anda dapat membacanya di bit.do/AksiProtes.

FAKTA

Adegan awal video yang dibagikan akun Facebook Eko Permadi merupakan aksi demo perempuan muslim di Austria pada 2017. Mereka menentang larangan penggunaan cadar dan hijab di tempat umum.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat




Close Ads