alexametrics

Gunakan Kolase Foto, Penyebar Hoax Sebut Jokowi Injak Bendera

8 Oktober 2019, 20:32:01 WIB

JawaPos.com – Foto anak STM yang menggunakan bendera untuk mengusap wajahnya kembali viral. Kali ini disandingkan dengan foto Presiden Jokowi yang berdiri di atas podium dengan alas berwarna merah dan putih. Narasi yang melengkapi kolase foto itu yang bikin orang bisa bertengkar.

”Coba dilhat baik baik yang melecehkan bendara Indonesia yang mana? tapi nyatanya yang sekarang di tahan di Polda metro yang pegang bendara merah putih di tangan.” Begitu penggalan narasi yang diunggah Amirullah bin Abdullah Manaf (fb.com/mhdmirullah.binabdullah) di sebuah grup Facebook.

Foto presiden di atas panggung dengan alas berwarna merah-putih itu sebenarnya foto lawas dan sudah diklarifikasi. Saat itu Jokowi sedang memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya pada 1 Oktober 2016.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan bahwa kain atau karpet merah dan putih di podium tersebut bukanlah bendera. Menurut dia, sudah ada ketentuan tentang bendera dalam UU Nomor 24 Tahun 2009. ”Ini yang harus diluruskan. Itu bukan bendera dan sudah ada aturan mainnya,” jelas Pramono. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanBendera.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads