alexametrics

Hoax Donasi Sembako Pilpres

8 April 2019, 19:46:47 WIB

JawaPos.com – Foto struk belanja dari Alfamart Cimalati, Jawa Barat, viral beberapa hari terakhir. Item donasi Rp 10 ribu yang tercantum dalam struk tersebut mengundang perdebatan panjang. Sebab, ada yang menyebarkan informasi bahwa potongan tersebut digunakan untuk sembako pilpres.

”Hati-hati belanja di Alfamart ternyata ada tambahan potongan langsung 10 Ribu untuk bayar sembako pilpres. Kita rame rame tes yuk belanja di sana,” tulis pemilik akun Twitter Ayo Putihkan GBK (@PoskoUmat) pada 30 Maret 2019.

Foto struk tersebut memang mencantumkan item donasi untuk sembako gratis Rp 10 ribu. Namun, tidak ada kata pilpres ataupun kata lain yang terkait dengan pemilu. Entah dari mana asalnya, banyak netizen di media sosial yang menghubungkan donasi itu dengan pilpres.

Penelusuran Jawa Pos, pihak pengelola Alfamart langsung mengklarifikasi kabar simpang siur tersebut. Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Nur Rachman menjelaskan, pihaknya tidak melakukan potong langsung donasi Rp 10 ribu kepada konsumen bernama Rahmi. Penjelasan bisa ditemukan di situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan sejumlah portal berita. Salah satunya antaranews.com.

”Saat itu, Ibu Rahmi dilayani oleh kasir Heryan Aslam. Total belanjanya sebesar Rp 23.900, dibayar dengan uang tunai sebesar Rp 100.000 dengan kembalian tertera di layar sebesar Rp 76.100,” ujarnya.

Nur menambahkan, saat itu petugas kasir memang menawarkan donasi kepada konsumen. Lalu, konsumen tersebut menjawab dengan kesediaan untuk berdonasi. Ternyata, petugas kasir salah input angka. Mestinya Rp 100, tapi terinput Rp 10.000.

”Kasir salah input donasi menjadi Rp 10.000 dan langsung cash end. Namun, kembaliannya tetap Rp 76.000. Kasir juga mengonfirmasi kepada kosumen tersebut bahwa pihaknya salah input donasi dan menggantinya dengan uang tunai, sehingga konsumen tetap mendapatkan kembalian utuh sebesar Rp 76.000,” paparnya.

Seperti diberitakan Antara, Nur Rachman juga menjelaskan SOP donasi konsumen. Misalnya, dalam donasi tidak ada sistem potongan langsung. Lalu, kasir wajib menawarkan terlebih dahulu jika ada kembalian di bawah Rp 500. Jika tidak bersedia, potongan untuk donasi tidak dilakukan. Pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga kredibel dalam penyaluran donasi. Misalnya, Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI), LazisNU, dan Lazismu. Selengkapnya, Anda dapat mengakses berita itu di bit.ly/SalahInput.

FAKTA

Tidak ada potongan donasi Rp 10 ribu untuk sembako pilpres di Alfamart Cimalati, Jabar. Foto struk yang beredar adalah bukti pembelian yang salah input nominal donasi pada 27 Maret 2019.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c19/fat)