alexametrics

Hoax Senjata TNI Dirampas KKSB

8 Maret 2019, 01:55:40 WIB

JawaPos.com – Informasi soal perampasan senjata TNI yang disampaikan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Papua, disebut sebagai berita bohong alias hoax. Adapun Kapendam Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi yang mnegaskannya.

Dia membantah pernyataan KKSB yang merampas senjata milik TNI. “Kalau info bahwa KKSB merampas senjata TNI itu hoax,” tegas Aidi kepada wartawan, Kamis (7/3).

Pernyataan KKSB mengepung anggota TNI juga dibantahnya. “Mereka melakukan tembakan dari arah ketinggian jarak jauh, dan tidak mungkin berani mendekat ke pasukan TNI, justru mereka yang di kejar sehingga 5 pucuk senjatanya berhasil diamankan oleh TNI,” tutur Aidi.

Sebelumnya, Komandan Operasi Pemne Kogeya melalui akun Facebook resmi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengaku pihaknya telah merampas empat pucuk senjata milik TNI. Dalam kontak tembak yang terjadi di Distrik Mugi, mereka mengaku menewaskan lima tentara.

Dijelaskan bahwa kontak senjata antara Panglima Daerah Pertahanan (Kodap) III Ndugama dengan TNI terjadi sekitar pukul 12.30 WIT. Mereka mengklaim kontak senjata berawal dari 8 anggota TNI dari Pos Distrik menuju Kampung Widi sempat menginterogasi Amos Kogeya bersama istrinya di tengah perjalanan.

TNI juga dituding membakar 5 honai milik warga. “Maka pasukan TPNPB mengepung delapan anggota tersebut dan terjadi kontak senjata maka baku kejar mengejar membuat lima anggota TNI soak. Pasukan TPNPB berhasil melumpuhkan dan merebut 4 pucuk senjata,” jelas Pemne.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads
Hoax Senjata TNI Dirampas KKSB