alexametrics

Video Tarian 2019 Dikait-kaitkan PON XX Papua

7 Oktober 2021, 05:48:37 WIB

REKAMAN Presiden Joko Widodo tengah berjoget dengan masyarakat Papua mendadak tersebar di beberapa kanal YouTube. Salah satunya kanal Rudy Hermawan News. Meski tengah mempertanyakan kebenaran video tersebut. Keterangan tayangan itu menyebutkan bahwa situasi terjadi saat PON Papua berlangsung.

”PON XX Papua 2021. Saat Presiden Jokowi Nikmati Senja di Kaimana, Papua,” begitu keterangan dalam cuplikan video. Kemudian, pada detik kesembilan, terlihat puluhan penari seperti tengah menyambut kedatangan presiden dan ibu negara.

Mayoritas penari dan presiden pun tak mengenakan masker. Keterangan lain dalam video berdurasi satu menit tiga detik itu juga menyertakan informasi bahwa Covid-19 maupun protokol kesehatan tidak ada dan tak berlaku di Indonesia. Sekali lagi, meski mempertanyakan kebenaran video tersebut dan menyertakan sumber video, judul kanal itu mengaitkan dengan PON XX Papua. ”Presiden JOKO WIDODO Menikmati Senja di Kaimana Papua | PON XX PAPUA 2021,” begitu judul video itu (bit.ly/TakProkes).

Informasi yang menyebut tidak adanya protokol kesehatan di Papua, terlebih saat pergelaran PON XX tengah berlangsung, termasuk menyesatkan. Pasalnya, protokol kesehatan tetap diberlakukan di event olahraga nasional itu. Bahkan, presiden selalu mengenakan masker di setiap aktivitas.

Kanal YouTube Sekretariat Kabinet memperlihatkan cuplikan presiden tetap mengenakan masker saat beraktivitas. Misalnya, ketika bercengkerama dengan pemuda Sorong, Jokowi tetap mengenakan masker berwarna cokelat. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BertemuPemuda.

Bahkan, selama PON juga diberlakukan pembatasan maksimal 25 persen penonton. Tak hanya itu, selama event olahraga nasional tersebut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Untuk yang tidak memiliki gadget, dilakukan skrining secara manual.

”Penggunaan aplikasi PeduliLindungi ataupun alat skrining lainnya yang bisa bersifat manual untuk memastikan agar penonton yang masuk dibatasi 25 persen adalah penonton yang memang secara kesehatan aman dan tidak menularkan atau membuat klaster baru di acara PON ini,” jelasnya. Anda dapat membaca ulasan jawapos.com di bit.ly/TetepPembatasan.

Lantas, kapan video yang memperlihatkan Presiden Jokowi menari bersama warga itu? Berdasar penelusuran YouTube DataViewer, Jawa Pos diarahkan pada kanal yang mengunggah video serupa jauh sebelum PON XX Papua berlangsung. Jokowi disambut warga saat mengunjungi Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pada Minggu, 27 Oktober 2019.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/jun

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads