Bentangkan Bendera Polandia di Konser Scorpions, Bukan Indonesia

7 Juli 2022, 05:48:40 WIB

KABAR sebuah konser musik yang mengibarkan bendera merah putih Indonesia menyebar di media sosial. Menurut informasi tersebut, bendera Indonesia dibentangkan saat konser band Scorpions itu berkat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia akhir Juni lalu.

’’Mantap cuy bendera nkri kita terbentang luas di konser group scorpion di polandia berkat presiden kita jokowi salam peace n love Ukraina n Rusia,’’ tulis akun Facebook Ngawur Sentral Di Sebuah Grup.

Akun tersebut menyertakan video berdurasi 2 menit 20 detik yang memperlihatkan dua bendera berukuran besar. Salah satunya terlihat berwarna merah dan putih. Satunya lagi mirip dengan bendera Ukraina, yaitu biru dan kuning (bit.ly/BentangBenderaNKRI).

Berdasar penelusuran, jelas bendera yang dibentangkan itu dimaksudkan sebagai bendera Polandia. Warna bendera Polandia memang merah dan putih. Meski bisa saja orang mengklaim bendera yang dibentangkan itu adalah bendera Indonesia karena paduan warna yang sama, konteks lokasi konser menguatkan bahwa merah putih yang dimaksudkan dalam video tersebut adalah bendera Polandia. Misalnya, video yang diunggah oleh akun Twitter @UkraineNewsLive pada 30 Mei 2022. Konser itu berlangsung pada Sabtu (28/5).

’’Sabtu, 28 Mei, di konser band rock legendaris #German #Scorpions di #Krakow, Polandia mengibarkan bendera besar #Ukraine bersama dengan bendera #Polish sebagai tanda dukungan untuk masyarakat #Ukrainian,’’ tulis akun tersebut. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BenderaPolandia.

Penelusuran lainnya, portal berita Global Happening mengabarkan bahwa pada konser Scorpions di Krakow, orang-orang membentangkan bendera Polandia dan Ukraina. Bukan hanya itu, di Las Vegas, Scorpions menyajikan hit terbaru Wind of Change.

Para musisi menghapus semua referensi ke ’’Moskow’’ dan ’’Gorky Park’’. Sebagai gantinya, band legendaris tersebut menambahkan baris ’’Sekarang dengarkan hatiku, katakan Ukraina’’.

Nah, hit itu terdengar di Krakow. Sebuah video Scorpions muncul di jejaring sosial. Orang-orang yang datang ke konser membentangkan dua kain besar di aula – bendera Polandia dan Ukraina. Selain itu, penonton bernyanyi serempak dengan vokalis band Klaus Meine. Momen memesona itu tak bisa luput dari perhatian.

Hit Wind of Change dirilis pada 1990 dan didedikasikan untuk akhir Perang Dingin. Lirik aslinya berbunyi ’’Ikuti Moskva ke Taman Gorky’’. Tapi, setelah invasi skala penuh Rusia ke Ukraina, para musisi memutuskan untuk mengubah komposisi legendaris mereka. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanBenderaRI.

FAKTA

Video dua bendera di konser band Scorpions itu merupakan bendera Ukraina dan Polandia, bukan Indonesia.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/jun

Saksikan video menarik berikut ini: