alexametrics

Ini Bukan Keramaian Ancol karena Formula E, tapi Pantai California

7 Juni 2022, 05:48:55 WIB

AJANG bergengsi balapan mobil listrik Formula E Jakarta rupanya tak luput dari iringan informasi palsu. Misalnya, informasi dari akun Twitter @DTar169 yang mengunggah foto pantai penuh dengan pengunjung. Katanya, foto itu memperlihatkan kondisi Pantai Ancol saat menunggu Formula E.

”Ekonomi bergerak Anies kerja cerdas Belasan ribu turis di pantai Ancol menunggu Pagelaran Akbar Jakarta E-PRIX. Indonesia Bangga,’’ tulis akun tersebut pada 4 Juni 2022 (bit.ly/PantaiAncolFormulaE)

Foto tersebut diunggah sebagai komentar atas cuitan akun lain. Namun, situasi pantai itu seperti bukan di Indonesia. Sebab, jika melihat dengan saksama, tentu tidak akan mudah percaya. Pasalnya, tampak ada bendera bertabur bintang Amerika Serikat.

Nah, saat ditelusuri, foto itu diunggah oleh portal berita nbcnews.com pada 30 April 2020. Foto dengan situasi identik tersebut berada di Pantai Huntington, California, pada 25 April 2020. Momen itu diabadikan oleh fotografer Allen J. Schaben dari Los Angeles Times melalui Getty Images.

Foto tersebut digunakan sebagai ilustrasi untuk berita penutupan semua pantai di California dalam rangka mencegah persebaran Covid-19. Hal itu juga disampaikan kepolisian California kepada seluruh anggota dalam e-mail berkaitan dengan pemberitahuan dari gubernur California.

Gubernur Gavin Newsom mengumumkan akan menutup semua pantai pada 1 Mei untuk mencegah berbagai jenis keramaian yang biasanya terlihat selama akhir pekan. Terlebih lagi ketika cuaca hangat yang biasanya mendorong ribuan orang berduyun-duyun ke pantai.

Tak hanya itu, beberapa taman di negara bagian juga diperkirakan akan ditutup. Nah, penutupan tersebut dilakukan setelah publikasi media tentang pantai yang terlalu ramai pada akhir pekan sebelumnya.

”Gubernur akan mengumumkan besok bahwa semua pantai dan semua taman negara bagian di California akan ditutup, efektif 1 Mei,’’ demikian bunyi memo Asosiasi Kepala Polisi California.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads