alexametrics

Pembuat Hoax Edit Foto, Sebar Kebencian

7 Juni 2019, 21:21:21 WIB

JawaPos.com – Pembuat hoax yang satu ini memang biangnya perpecahan. Saat banyak orang mendorong rekonsiliasi nasional, dia malah membuat hoax untuk mengadu domba masyarakat dan menyebar kebencian. Foto kecelakaan biasa diedit, kemudian dikait-kaitkan dengan pemilu.

Foto itu menunjukkan sebuah mobil Avanza ringsek tak berbentuk di tanah miring. Bodi mobil tersebut tampak dipenuhi stiker branding pendukung Prabowo-Sandi.

“Berusaha menghindari kepungan infrastruktur Jokowi, sebuah mobil mengalami kecelakaan berat, semoga para penumpang tidak mengalami kerusakan otak yg sama,” tulis pemilik akun Facebook Dudeng Dengi (fb.com/dudeng.dengi.1) sambil mem-posting foto mobil yang ringsek itu pada 3 Juni 2019.

Faktanya, kejadian tersebut tidak berkaitan dengan isu pilpres, khususnya pro dan kontra pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Jokowi. Dalam foto aslinya, tidak ada stiker Prabowo-Sandi di mobil yang mengalami kecelakaan pada 5 November 2016 itu.

Sebagaimana diberitakan Jawapos.com (Jawa Pos Group) pada 6 November 2016, kecelakaan itu terjadi di Dusun Sugro, Desa Andonosari, Tutur, Kabupaten Pasuruan. Para penumpangnya merupakan mahasiswa Magister Psikologi UGM yang hendak kembali ke RSJ Lawang setelah dari Gunung Bromo. Anda dapat mengakses informasi itu di bit.do/LakaDariBromo.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c17/fat)



Close Ads