alexametrics

Hoax Ikan Aneh di Madeira, Brasil

Aslinya, Produk Animatronik Penunjang Film
7 Juni 2019, 22:07:35 WIB

JawaPos.com – Tampang makhluk dalam video yang disebar ulang oleh pemilik akun Facebook Mohd Hilmey (fb.com/muhd.hilmey.3) pada 30 April 2019 sungguh mengerikan. Mulutnya sangat besar. Ketika terbuka, panjang mulutnya bisa lebih dari 30 cm. Lalu, rongga mulutnya dipenuhi dengan gigi yang bertaring. Selain itu, terdapat lubang di bagian tengah mulut ikan tersebut. Katanya, makhluk itu adalah ikan yang ditemukan di Sungai Madeira, Brasil.

Netizen yang tidak teliti akan mudah percaya dengan posting-an tersebut. Padahal, ada sejumlah kejanggalan jika video itu diperhatikan dengan lebih saksama. Misalnya, ada backsound seperti suara mesin. Juga beberapa kabel yang terlihat menjulur di belakang hewan tersebut.

Video serupa ternyata bisa ditemukan di channel YouTube Billschannel dalam bentuk ulasan tentang fakta atau rekayasa. Judulnya UNIDENTIFIED CREATURE, diunggah pada 8 Februari 2019. Pada menit keenam video itu, Billschannel menyebutkan bahwa sesuatu yang diklaim sebagai ikan aneh adalah hoax. Ternyata, benda tersebut merupakan instalasi seni. Anda dapat melihat video itu di http://bit.do/BukanIkan.

Fanpage Facebook Animatronique effets spciaux (fb.com/animatronique) juga mengulas video tentang ikan aneh tersebut pada Januari 2019. Keterangan video itu cukup sangat gamblang. ”MMM, Quick tests before shooting,” tulis akun Animatronique effets spaciaux.

Hewan yang diklaim sebagai ikan aneh tersebut ternyata merupakan properti sebuah film. Namun, akun itu tidak menyebutkan judul film yang dimaksud. Dalam posting-annya, ada beberapa foto yang memperlihatkan sosok berbadan gemuk dengan kepala seperti yang di-posting Mohd Hilmey. Anda dapat melihat foto-foto lainnya di bit.do/EfekRias.

Ulasan lain bisa ditemukan di situs pencari fakta berbahasa Prancis hoax-net.be. Judulnya berbunyi, Non, il ne s’agit pas d’un Alien retrouv dans la rivire Madeira au Brasil. Situs itu menjelaskan bahwa benda dalam video yang beredar bukan ikan atau alien di Brasil, melainkan sebuah produk animatronik.

Salah satu yang mengembangkan animatronik adalah CLSFX Atelier 69, sebuah perusahaan seni dari Prancis yang membuat serial benda atau makhluk hidup, baik yang nyata maupun tidak. Salah satunya, kepala makhluk luar angkasa tersebut. Perusahaan itu memberi judul filmnya ”MMM”. Anda dapat melihat ulasannya di bit.do/BahanFilm.

FAKTA

Benda dalam video yang disebut sebagai ikan aneh di Sungai Madeira, Brasil, adalah properti film.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c22/fat)



Close Ads