alexametrics

Perjalanan Orang Asal Sarawak, tapi Disebut Warga Tiongkok ke IKN

7 Mei 2022, 05:06:14 WIB

JawaPos.com – Isu sentimen anti-Tiongkok masih banyak dijumpai di media sosial. Apalagi dikaitkan dengan hal-hal sensitif seperti pembangunan ibu kota negara (IKN) baru. Katanya, ada WN Tiongkok yang nyamar pakai baju adat untuk masuk ke IKN.

’’WNA China calon penghuni IKN sudah mulai berdatangan mempergunakan tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan.. Semoga tragedi MANGKOK MERAH jilid 2 akan terjadi.’’ Demikian keterangan akun Facebook Atjeh Student Entrepreneurs Club di sebuah grup kemarin (5/5).

Informasi itu beredar dalam rekaman amatir. Video berdurasi 2 menit 5 detik tersebut memperlihatkan sekelompok orang dengan pakaian adat seperti suku Dayak yang hendak memasuki pesawat (bit.ly/WNABajuAdat).

Informasi itu tentu tak masuk akal. Pasalnya, tidak ada sumber dan informasi kredibel. Selain itu, ada keterangan tempat dalam video tersebut yang menunjukkan tujuan penerbangan ke Kota Kinabalu, Sabah. Secara lokasi, kota itu berada di Malaysia, bukan Indonesia. Saat ditelusuri dengan situs padanan gambar, video serupa pernah diunggah di YouTube.

Misalnya, kanal YouTube Onal Majan beberapa hari lalu. Kanal tersebut hanya menyebutkan bahwa ada 60 orang Dayak yang memanfaatkan transportasi udara dengan beberapa tagar. Di antaranya, Dayak, Iban, dan Kalimantan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (zam/c18/jun)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads