alexametrics

Tanggul Jebol di Tangerang, Penyebar Hoax Sebut di Jakarta

7 Februari 2020, 20:13:29 WIB

JawaPos.com – Berrita hoax terkait dengan banjir Jakarta masih saja beredar. Salah satunya diunggah akun Twitter @JokoSus46520969 kemarin siang (6/2). Akun yang memiliki 1.130 follower Twitter itu mengunggah video tanggul jebol yang disebut terjadi di Kapuk Muara, Jakarta Utara.

’’Tanggul Muara Kapuk jebol…mohon pihak terkait.’’ Begitu tulisan yang menyertai posting-an tersebut. Dalam video itu, tampak aliran air yang cukup deras menggenangi kompleks perkampungan. Selain itu, terdengar suara tangisan seorang perempuan dalam rekaman tersebut. Anda bisa melihatnya di bit.ly/BukanDiTangerang.

Saat ditelusuri, video serupa ternyata sudah ada di YouTube milik Khai Channel pada 4 Februari 2020. Judulnya, Perumahan Total Persada Terendam Air, Akibat Tanggul Priuk Tomang Jebol. Kai Channel juga membubuhkan keterangan bahwa banjir itu terjadi di Tangerang.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BNPB Agus Wibowo memastikan kabar tanggul jebol di Kapuk Muara adalah hoax. Menurut dia, banjir dalam video tersebut terjadi di Kota Tangerang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga ikut memberikan konfirmasi. Melalui akun Twitter resmi, mereka menjelaskan bahwa kondisi tanggul Kapuk Muara normal. Anda bisa melihatnya di  bawah ini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adi/zam/c14/fat



Close Ads