alexametrics

Produsen Hoaks Serang Menag dengan Video Lawas Penolakan Yaqut di Riau

7 Januari 2021, 05:05:17 WIB

BELUM lama menjadi menteri agama (menag), Yaqut Cholil Qoumas langsung diserang kabar palsu. Berupa video pendek dengan narasi bahwa kedatangan sang menteri ditolak masyarakat. Meski tidak disertai tulisan keterangan lokasi, potongan dialog dalam video itu menyebut nama sebuah daerah. Yakni, Kesultanan Siak, Riau.

’’Menteri Agama Diusir,’’ tulis akun Facebook Jempa Aman Galaska Pagan saat membagikan video penolakan tersebut pada Senin (4/1). Di menit awal, video itu diberi tulisan Yaqut Kena Batunya, Mentri Tololransi (bit.do/MenagDiusir).

Video berdurasi 59 detik itu memperlihatkan sosok berbaju batik yang sedang berdialog dengan kerumunan warga. Perbincangan tersebut berisi penolakan terhadap suatu rencana kegiatan. Di kolom komentar, sejumlah netizen menyebut pria itu adalah Menag Yaqut Cholil Qoumas. ’’Ada menteri diajarin sama rakyatnya sambil diolok-olok,’’ tulis salah seorang netizen.

Tentu saja komentar tersebut keliru. Sebab, sangat jelas bahwa pria berbaju batik yang dikerumuni warga itu bukan Yaqut. Wajahnya nggak mirip blas. Situasi dalam rekaman itu juga tidak menunjukkan kondisi pandemi. Tak satu pun yang memakai masker. Artinya, video tersebut bukanlah rekaman kejadian baru-baru ini.

Video serupa pernah diunggah kanal YouTube Amil Islam Channel pada 19 September 2018. Jauh sebelum Yaqut diangkat sebagai menteri agama pada 23 Desember 2020. Kanal itu juga menerangkan bahwa acara GP Ansor dan Banser dibatalkan masyarakat. Anda dapat melihatnya di bit.do/BukanMenag.

Baca Juga: Utang Rp 1,3 Miliar lewat WA, Uang Habis untuk Main Saham

Pria berbaju batik itu ternyata Ketua GP Ansor Riau Purwaji. Jawapos.com memberitakan kejadian tersebut pada 19 September 2018. Dijelaskan, kegiatan Ansor dan Banser itu ditolak Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sebagai buntut persekusi terhadap Ustad Abdul Somad di beberapa daerah di Jawa, dengan tuduhan bahwa UAS adalah pelaku makar dan bagian dari HTI.

Saat itu, Yaqut yang belum menjabat menag direncanakan menghadiri Kirab Satu Negeri Zikir Satu Bangsa di Riau. Namun, rencana tersebut gagal setelah terjadi beberapa penolakan di Riau. Anda dapat membacanya di bit.do/SebelumJadiMenag.

FAKTA

Video yang diunggah akun Facebook Jempa Aman Galaska Pagan adalah rekaman kejadian 2018. Saat itu perwakilan Lembaga Adat Melayu Riau menolak rencana kedatangan Yaqut yang hendak menghadiri acara Kirab Satu Negeri Zikir Satu Bangsa.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/fat


Close Ads