alexametrics

Hoax Pernyataan Jokowi soal Impor TKA

7 Januari 2020, 08:11:43 WIB

JawaPos.com – Tangkapan layar yang berisi pemberitaan dari merdeka.com dijadikan bahan hoax oleh pengelola halaman Facebook Jokowi for President 2019. Dalam gambar itu, Presiden Joko Widodo dinarasikan sedang mengungkapkan alasannya mengimpor tenaga kerja asing (TKA) dari Tiongkok.

’’Ini adalah alasan mengapa kami melakukan impor besar-besaran dari China. Selain mereka lebih ahli dari kalian, mereka juga lebih mudah diarahkan. Tenaga kerja asli Indonesia kurang bisa diandalkan,’’ begitu keterangan yang tertulis di halaman tersebut.

Posting-an tersebut diunggah kembali oleh akun Toni Suhartono (bit.ly/ImporTKA) di grup Facebook Suara Rakyat Indonesia. Oleh akun itu, potongan tangkapan layar tersebut ditambahi tulisan, ’’Presiden sedang menghina rakyatnya sendiri. Semoga Azab Allah SWT melimpah kepada dirinya dan keturunannya. DPR/MPR-RI dongo cuman Planga-plongo doang.”

Berdasar penelusuran Jawa Pos, berita di merdeka.com tentang kualitas TKI sama sekali tidak menyinggung tenaga kerja asing. Berita itu berisi rapat presiden bersama jajaran kabinet di Istana Bogor pada Rabu, 21 November 2019. Yang dibahas hanya kualitas tenaga kerja RI yang masih rendah.

Saat itu Jokowi marah karena pelatihan melalui program vokasional yang sudah diberikan kepada angkatan kerja di Indonesia belum bisa berdampak signifikan. Pembahasan lain terkait dengan angka pengangguran. Bukan soal TKA dari Tiongkok. Selengkapnya, Anda bisa membacanya di bit.ly/BukanSoalTKA.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adi/zam/c15/fat


Close Ads