alexametrics

Berita Palsu Mencatut Ustad Yusuf Mansur

6 Desember 2019, 20:08:31 WIB

JawaPos.com – Hoax yang disebar blog Merdekaind kali ini berpotensi mengadu domba umat Islam. Blog peniru situs berita online itu menyajikan informasi yang dikatakan sebagai pernyataan pendakwah Yusuf Mansur. Judulnya UYM: Sholat Dimonas Itu Dosa karena Dianggap Riya, Semoga Para Alumni 212 Segera Bertobat.

Saat isi berita itu dicermati, hanya ada satu kutipan yang bersumber dari Yusuf Mansur. Kutipan tersebut berbunyi, ”Dalam bahasa Arab, arriya’ (??????) berasal dari kata kerja raâ (????) yang bermakna memperlihatkan. Riya’ merupakan memperlihatkan sekaligus memperbagus suatu amal ibadah dengan tujuan agar diperhatikan dan mendapat pujian dari orang lain. Riya’ termasuk karena meniatkan ibadah selain kepada Allah SWT, semoga mereka segera bertobat,” ucap Yusuf Mansur.

Saat kutipan itu ditelusuri, ternyata pengelola blog Merdekaind mencomotnya dari blog ajwatour.co.id. Mulai teks bahasa Arab-nya hingga kesalahan penulisan pun sangat mirip. Hanya ditambahkan beberapa kalimat agar seolah-olah aktual. Anda dapat membacanya di sini.

Yusuf Mansur langsung mengklarifikasi kabar palsu itu melalui akun Instagram yang diunggah pada 3 Desember 2019. ”Alhamdulillaah saya GA PERNAH bcr ini. Be the Santuyers. Be the Kalemers,” tulisnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c11/fat


Close Ads