alexametrics

Perahu Terbalik di Bendungan Cikoncang, Bukan Jatiluhur

6 November 2020, 05:05:54 WIB

AKUN Facebook Achmad Ar-rifa’i Al-bantani menyebar ulang video detik-detik sebuah perahu yang terbalik. Dia lantas membubuhkan keterangan bahwa peristiwa itu terjadi di Danau Jatiluhur, Jawa Barat. Banyak warganet yang membenarkan kejadian tersebut sehingga benar-benar seperti informasi yang valid.

”Perahu terbalik di danau jatiluhur kemarin jam 12 siang. Hati” Yg berlibur semoga semuanya diberikan keselamatan Aamiinnnn,” tulis pemilik Akun Facebook Achmad Ar-rifa’i Al-bantani pada Selasa, 3 November 2020 (bit.do/DiDanauJatiluhur).

Namun, sebutan ”Danau Jatiluhur” dalam informasi itu cukup mengundang penasaran. Sebab, selama ini nama yang populer adalah Waduk atau Bendungan Jatiluhur. Nah, saat dilakukan penelusuran, ternyata video yang sama sudah pernah viral dan diberitakan beberapa media arus utama. Namun, lokasinya bukan di Bendungan Jatiluhur.

Kecelakaan akibat cuaca buruk itu ternyata terjadi di Bendungan Cikoncang, Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Kanal YouTube milik Official iNews pernah mengunggahnya pada 26 Oktober 2020 dengan judul Detik-Detik Perahu Wisata di Banten Terbalik, 28 Orang Tenggelam 3 Orang Tewas – iNews Pagi 26/10.

Menurut iNews, detik-detik perahu yang terbalik itu terekam jelas oleh kamera warga. Beberapa penumpang dari perahu lainnya tampak melemparkan pelampung kepada korban yang sedang berenang dan berusaha menyelamatkan diri. Anda dapat melihatnya di bit.do/BukanJatiluhur.

Radar Banten juga memberitakan musibah yang menewaskan tiga wisatawan saat hujan deras mengguyur bendungan itu. Disebutkan, kapal yang dinaiki 28 orang itu terbalik setelah menabrak tunggul yang ada di tengah danau. Tiga korban meninggal berasal dari Kampung Babakan Bandung, Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang.

Peristiwa itu terjadi pada pukul 12.12 saat perahu memasuki wilayah Ketapang. Di tengah perjalanan, kapal menabrak tunggul karena jarak pandang terbatas. Akibatnya, kapal langsung terbalik dan para penumpang terjun ke danau yang cukup dalam.

Menurut Ketua Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pandeglang Ade Mulyana, pihaknya langsung menuju lokasi untuk melakukan penyelamatan. Korban jiwa dalam insiden itu langsung dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Hingga petang tim terus berkoordinasi untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang. ”Semua korban langsung dibawa ke rumah masing-masing. Kita sampaikan juga kepada masyarakat agar berhati-hati,” ujarnya. Anda dapat membacanya di bit.do/BendunganCikoncang.

FAKTA

Rekaman kecelakaan perahu itu terjadi di Bendungan Cikoncang, Provinsi Banten, pada Minggu, 25 Oktober 2020.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads