alexametrics

Hoax Tank Tiongkok Lindas Demonstran Hongkong

6 September 2020, 09:48:25 WIB

SEBUAH video yang mengerikan menyebar lewat aplikasi WhatsApp beberapa hari terakhir. Tampak potongan tubuh manusia penuh darah tercecer di jalanan. Keterangannya cukup bikin penasaran. Katanya, potongan tubuh itu adalah warga Hongkong yang dilindas tank Tiongkok pada 15 Agustus 2020.

”Di video tsb tampak potongan2x tubuh manusia (pihak demonstran warga sipil Hongkong) dan cacahan tubuh manusia akibat DILINDAS TANK TENTARA RRC YG TIBA DI HONGKONG U MEMBUBARKAN SCR PAKSA AKSI DEMONSTRASI YG TELAH BERJALAN BBRP BULAN INI,” begitu keterangan yang menyertai video itu.

Saat dilakukan penelusuran, video serupa ternyata sudah beredar di Twitter pada 5 Agustus 2020. Tapi, keterangannya tidak menyebut lokasi Hongkong, melainkan ledakan di kawasan Pelabuhan Beirut, Lebanon. Mana yang benar?

Memanfaatkan situs padanan gambar, foto-foto kecelakaan yang ada di video tersebut pernah diunggah portal bandab.com.br. Judul beritanya berbunyi, Foto-Foto Menunjukkan Kerusakan Mobil dalam Kecelakaan di BR-277 dengan Delapan Tewas dan 22 Luka-Luka. Lokasi kecelakaan itu masuk wilayah Motel, di São José dos Pinhais, Metropolitan Curitiba, Brasil.

Portal tersebut juga menampilkan 22 gambar akibat kecelakaan. Salah satu gambar yang mirip dengan situasi di video yang menyebar ada pada slide 18. Tampak dari penerangan, markah jalan, lalu lintas, dan jalannya.

Salah satu penyebab kecelakaan beruntun itu adalah kabut dan asap hitam dari pembakaran di pinggir jalan raya. Asap hitam tersebut mengganggu pandangan pengemudi sehingga terjadi kecelakaan hebat pada 2 Agustus 2020. Anda dapat melihatnya di bit.ly/KecelakaanBrazil

Portal berbahasa Italia, rassegnastampa.news juga mengulas dan menyangkal kabar bahwa video adalah rekaman imbas ledakan di Beirut Lebanon. Mereka memastikan bahwa video itu adalah rekaman dampak kecelakaan yang melibatkan 1 truk, 5 sepeda motor, 15 mobil, dan 1 kendaraan polisi militer di Parana, Brasil. Anda bisa membacanya di bit.ly/DiBrazil.

FAKTA

Video tentang sejumlah kendaraan hancur dan berserakannya potongan tubuh manusia itu direkam pada 2 Agustus 2020 di Brasil. Malam itu terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan 1 truk, 5 sepeda motor, 15 mobil, dan 1 kendaraan polisi militer.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat



Close Ads