alexametrics

Hoax Anak Presiden Tiongkok Jadi Perwira Tinggi Polri

6 Januari 2021, 06:06:34 WIB

KABAR palsu yang satu ini terbilang konyol. Menyebut ada anak presiden Tiongkok yang menjadi pejabat tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Perwira polisi itu juga disebut telah ditunjuk Kapolri untuk menyelidiki kasus penembakan terhadap enam anggota Front Pembela Islam (FPI).

”Anak kandung Presiden China Xi JinPing, baiklah dan waspadalah,” tulis akun Facebook Baguss Adhityo pada 3 Januari 2021. Baguss juga menyertakan unggahan akun Adi Darma yang berisi foto perwira Polri keturunan Tionghoa bersama orang tuanya plus narasi bahwa polisi bernama Hendra Kurniawan itu adalah pria China tulen (bit.do/AnakPresidenTiongkok).

Saat ditelurusi, foto yang menyertai informasi itu pernah diunggah beberapa portal berita arus utama. Contohnya, batam.tribunnews.com yang mengunggahnya pada 7 Desember 2020. Disebutkan bahwa polisi berwajah oriental itu merupakan satu di antara 46 perwira yang naik pangkat.

Sebelumnya, Hendra Kurniawan berpangkat kombespol dan kini menjadi brigadir jenderal polisi, menjabat Karopaminal Divpropam Polri. Anda dapat membacanya di bit.do/KeturunanTionghoa.

Tentu saja, Brigadir Jenderal Polisi Hendra Kurniawan bukan anak Presiden Tiongkok Xi Jinping. Sebab, anak Xi Jinping bukanlah laki-laki, apalagi menjabat perwira tinggi di Polri. Jinping hanya memiliki satu anak dan perempuan. Namanya Xi Mingze.

Mengutip portal berita wantchinatimes.com, Mingze lahir pada 27 Juni 1992 dari istri kedua Jinping, Peng Liyuan. Xi Mingze pernah belajar di Sekolah Bahasa Asing Hangzhou pada 2009, lalu pindah ke Harvard pada Mei 2010.

Saat usia belia, Mingze pernah menjadi relawan di daerah yang hancur akibat gempa bumi Sichuan. Selama tujuh hari sebagai relawan, dia bekerja keras dan tidak pernah mengeluh.

Baca Juga: Covid-19 Bikin Keuangan Macet, Mobil Disita, Gugat Perusahaan Leasing

”Karena gempa merenggut begitu banyak nyawa dan memicu bencana besar, putri saya harus pergi ke garis depan untuk membantu,” kata Peng Liyuan menjawab pertanyaan mengapa putrinya datang ke lokasi bencana. Anda dapat membacanya di bit.do/PernahJadiRelawan.

FAKTA

Brigadir Jenderal Polisi Hendra Kurniawan bukan anak Presiden Tiongkok Xi Jinping. Jinping hanya punya satu anak dan perempuan yang bernama Xi Mingze.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat


Close Ads