alexametrics

Yang Dikawal Ternyata Ratu Elizabeth II, Bukan Presiden Jokowi

5 November 2021, 05:48:58 WIB

REKAMAN video pendek berisi formasi pengawalan kendaraan diberi keterangan keliru. Video tersebut dinarasikan sebagai pengawalan untuk Jokowi saat berada di Prancis. Padahal, bukan.

”Pengawalan Presiden Indonesia, pak Jokowi di prancis #shorts.” Begitu keterangan akun YouTube MILITAN NKRI BERSATU. Video berdurasi 8 detik itu memperlihatkan formasi pengawalan membentuk seperti huruf V. Setidaknya ada tujuh mobil dalam rangkaian tersebut (bit.ly/KawalJokowiPrancis).

Video serupa sempat diunggah akun Facebook Merry Denok pada Selasa (2/11). Jawa Pos menemukan video tersebut kemarin (3/11) sekitar pukul 17.00. Narasi yang disampaikan nyaris sama. Tertulis, ”PENGAWALAN PRESIDEN JOKOWI DI PERANCIS, LUAR BIASA TERHORMAT”. Namun, sekitar pukul 20.00, unggahan video itu telah terhapus.

Saat ditelusuri, video tersebut beredar di YouTube sejak 2015. Video itu pernah diunggah kanal Hans Joachim pada 27 Juni 2015. Judul video yang menggunakan bahasa Jerman tersebut berbunyi, Queen Elizabeth II. zum Botschafterempfang, 25.06.2015.

Formasi kawal V dengan sepeda motor terlihat jelas pada menit 1:40 di video berdurasi total 3 menit 34 detik tersebut. Video yang diunggah enam tahun lalu itu ditonton 3,3 juta kali. Anda dapat membacanya di bit.ly/RatuElizabeth2015.

Situasi video hampir serupa diunggah kanal YouTube The Royal Family Channel pada 24 Juni 2015. Keterangan video itu menjelaskan, dalam kunjungan kenegaraan, Ratu Elizabeth dan Duke of Edinburgh bertemu dengan Presiden Joachim Gauck dan Kanselir Angela Merkel di Berlin, Jerman.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/jun




Close Ads