alexametrics

Kabarkan Hoax Berkaitan dengan Kecelakaan saat Mudik

5 Mei 2022, 05:48:22 WIB

PRODUSEN hoax rupanya tak kehabisan bahan untuk menyebar kegaduhan. Mereka bahkan memanfaatkan nuansa mudik Idul Fitri. Melalui blog infookita.my.id, beberapa akun mengunggah foto kecelakaan kendaraan yang diklaim kendaraan pemudik. Katanya, tujuh orang meninggal dunia.

”Innalillahi, Kejadian Tadi Siang, Pergi Mudik, 7 Orang Meninggal Karena Kecelakaan Tiga di Antaranya Satu Keluarga Meninggal Di jalanan,” sebut keterangan yang ditulis akun Facebook Theresia Chia kemarin (3/5) di sebuah grup.

Akun tersebut juga membagi kabar itu melalui blogspot. Saat blog dikunjungi, jangan harap menemukan fakta. Pasalnya, kata mudik hanya ada pada judul berita. Sedangkan dalam isi tak ada yang menyebut korban sebagai pemudik (bit.ly/LakaPemudik).

Informasi itu jelas penuh dengan kejanggalan. Karena tak menyertakan sumber tautan resmi dari berita kredibel. Saat naskah berita ditelusuri, insiden kecelakaan beruntun tersebut memang benar adanya.

Produsen hoax mencomot isi berita dari portal lokal di Jogjakarta yang menyebut kejadian Agustus 2021. Lokasinya di Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman. Menurut keterangan Kepala Unit Laka Lantas Polres Sleman Inspektur Galan Adi Darmawan, insiden itu merenggut satu korban meninggal dunia. ”Kejadiannya tadi jam 11.00 WIB,” katanya.

Galan menjelaskan, kecelakaan melibatkan dua sepeda motor dan satu mobil. Yakni Honda CB bernomor polisi AD 5504 AB dan motor Suzuki Smash (AB 6406 WC) serta mobil Grand Livina (AD 9304 SU).

Tak ada penjelasan resmi tentang klaim korban sebagai pemudik di naskah tersebut. Padahal, aktivitas arus mudik Lebaran 2021 itu berlangsung setelah puasa Ramadan pada Mei 2021. Sedangkan insiden kecelakaan beruntun itu terjadi Agustus 2021. Anda dapat membacanya di bit.ly/KecelakaanAgustus2021.

Selanjutnya terkait foto yang ditempel pada narasi tersebut. Berdasar penelusuran, foto itu juga tidak ada kaitannya dengan mudik Lebaran 2022. Foto tersebut memperlihatkan kecelakaan mobil dan motor beruntun di Bangka Barat pada Juni 2021.

Judul berita itu Tabrakan Beruntun 3 Mobil dan 2 Motor di Bangka Barat, Korban Hanya Luka Ringan. Kecelakaan di Desa Dendang, Kecamatan Kelapa, itu terjadi pada Jumat sore, 11 Juni 2021.

Berita dari babel.inews.id itu tidak menjelaskan bahwa korban kecelakaan tersebut merupakan pemudik. Malahan, korban kecelakaan itu tidak meninggal dunia, hanya menderita luka ringan.

Jadi, sebaiknya cek domain dan keselarasan berita agar tak tertipu klik bait. Selengkapnya, Anda dapat membaca berita aslinya di bit.ly/KorbanLukaRingan.

FAKTA

Foto dan berita tak terkait mudik. Foto kecelakaan di Bangka Barat pada Juni 2021. Sedangkan narasi juga tak berkaitan dengan mudik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads