alexametrics

Kunjungan Ustad Abdul Somad 2018 ke Papua Dijadikan Bahan Hoax

4 September 2019, 23:08:47 WIB

JawaPos.com – Selama tiga hari terakhir, video tentang kunjungan Ustad Abdul Somad (UAS) ke Papua banyak diunggah di media sosial. Video itu disertai keterangan bahwa kunjungan dilakukan pada 2 September 2019.

“Pagi Hari ini , Tgl 2 September 2019 Di Bumi Cendrawasih. Rakyat Papua Dengan Kompak Dan Riuhnya Menyambut USTADZ ABDUL SOMAD (UAS). Di Saat Sosok Presiden RI Semdiri Tak Juga Turun Dan Kunjung Datang Ke Tanah Papua,” tulis akun Facebook Raja Mekang Jagad (fb.com/raja.m.jagad.7).

Video dengan durasi tiga menit tersebut memperlihatkan prosesi penyambutan UAS. Namun, peristiwa itu tidak terjadi pada 2 September 2019. Kunjungan ke Papua tersebut dilakukan UAS pada 22 September 2018 untuk ceramah di beberapa tempat. Salah satunya di Raja Ampat. Video serupa banyak ditemui di YouTube. Mencarinya juga gampang. Ketik saja kata kunci “Penyambutan UAS di Sorong”.

Jawa Pos juga menemukan foto saat UAS mengenakan topi cenderawasih di akun Instagram milik Tafaqquh Online. Kepala suku Moi memasangkan topi kepada UAS dalam penyambutan di Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu 22 September 2018. Anda dapat melihat foto itu di bit.ly/SafariTahun2018.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c17/fat



Close Ads