Sebarkan Hoax, Mobil Korban Sinabung Disebut Bangkai Esemka

04/08/2018, 12:05 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
()
Share this

JawaPos.com - Mungkin, hoax yang satu ini berkaitan dengan perkataan Presiden Joko Widodo yang menyinggung mobil Esemka ketika membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS, Kamis (2/8). Ya, JawaPos.com menemukan foto hoax yang disebut sebagai bangkai mobil Esemka. Mobil yang sempat dipopulerkan Jokowi ketika menjadi wali kota Solo.

''Mobil Esemka yang dijanjikan Pak Kowi,'' tulis akun Facebook Zhal Yaz (Fb.com/rizal.iswanto1). Tulisan itu di-posting dengan disertai dua foto bangkai kendaraan di sebuah semak-semak. Orang yang malas mencari tahu mungkin bakal percaya. Sebab, kejelasan tentang jadi tidaknya Esemka diproduksi masal dan menjadi mobil nasional memang masih simpang siur.

Dari pencarian yang dilakukan koran ini, terdapat jejak digital yang tersimpan di situs pencarian Yandex. Di sana muncul foto serupa yang diunggah sebuah blog. Bangkai mobil itu ternyata bukan Esemka, melainkan bangkai kendaraan di Desa Simacem di kaki Gunung Sinabung.

Bangkai mobil tua tersebut berhubungan dengan keganasan letusan Gunung Sinabung. Foto yang memperlihatkan setir mobil adalah milik Associated Press Images. Dijepret fotografer Binsar Bakkara pada 16 November 2015. Bagi Anda yang ingin melihat foto aslinya, kami siapkan link pendeknya yang akan merujuk ke situs AP Images, bit.ly/APSinabung.

gun/c18/fat

Berita Terkait

Rekomendasi