alexametrics

Statement Mendagri Dipelintir soal Sikap ASN terhadap Jokowi

4 Maret 2019, 19:57:12 WIB

JawaPos.com – Akhir-akhir ini nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kerap dicatut untuk membuat kabar palsu. Kali ini pelakunya adalah blog tribuninf0.blogspot.com. Blog clickbait itu membuat berita berjudul Mendagri: Kades hingga Gubernur Tidak Boleh Netral, Harus Turuti Kemauan Pak Jokowi.

Kabar palsu itu beredar luas di Twitter dan langsung diserbu komentar miring. “Loe kira nih jaman PKI?. Rakyat & aparat pemerintahan bisa loe setir seenak udel loe?!. Rakyat udah cerdas. Jangan loe takut”in kami dgn propaganda basi loe.!” tulis pemilik akun Twitter Sarah Setiawan (@SarahSetiawan8).

Faktanya, seluruh naskah yang ada di tribuninf0.blogspot.com itu mencuri dari portal berita news.detik.com. Hanya judulnya yang diubah. Versi asli berita itu berjudul Mendagri: ASN Jangan Netral, Sampaikan Program Pak Jokowi. Berita itu terbit pada 2 Maret 2019.

Saat itu Tjahjo memberikan sambutan di rakor program pengembangan SDM yang diikuti kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) se-Indonesia di Sleman, Jogjakarta. Seperti diberitakan news.detik.com, Tjahjo mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) tegak lurus dengan pemimpinnya.

“Tugas Bapak-Ibu yang duduk di pemerintahan kabupaten/kota harus loyal, hormat, tegak lurus kepada kepala daerah dari mana pun dia berasal, partai mana pun, suku agama apa pun, harus tegak lurus,” papar Tjahjo. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c11/fat)

Copy Editor :

Statement Mendagri Dipelintir soal Sikap ASN terhadap Jokowi