alexametrics

Sembarangan Narasikan Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF

4 Januari 2022, 05:48:14 WIB

KABAR pemain timnas Thailand yang memakai doping beredar sebelum pertandingan final Piala AFF leg kedua melawan Indonesia beberapa waktu lalu. Kabar tersebut tersiar tak hanya melalui pesan WhatsApp, tapi juga video yang diunggah berbagai kanal YouTube. Sebut saja kanal Bola Gila.

’’AFF GEMPAR THAILAND DI DISKUALIFIKASI PERTANDINGAN HARUS DI ULANG??’’ Begitu judul video yang diunggah pada 30 Desember 2021. Judul itu diperkuat dengan keterangan pada thumbnail gambar yang berbunyi, Kabar Gembira Buat Timnas Indonesia pertandingan timnas akan diulang.

Informasi itu lantas disebarkan oleh berbagai akun di media sosial. Salah satunya akun Facebook Adrian Pilro pada Jumat, 31 Desember 2021, melalui tangkapan gambar (bit.ly/DiskualifikasiPertandingan).

Video di kanal YouTube berdurasi 1 menit 37 detik itu menampilkan suasana konferensi pers pelatih Thailand Alexandre Polking. Jika mendengarkan narasi pengisi suara dengan saksama, beberapa kalimat itu membacakan berita dari portal berita Tribunnews.com. Di antaranya membacakan paragraf awal pada artikel berjudul Piala AFF 2021: Sambil Nangis, Pelatih Thailand Minta Maaf ke Timnas Indonesia soal pergantian kiper. Ulasan berita yang terbit pada 30 Desember 2021 itu menjelaskan tentang alasan Alexandre Polking yang mengganti kiper saat menghadapi timnas Indonesia pada leg pertama.

Hal itu dilakukan untuk berbagi simpati kepada Kawin Thamsatchanan yang baru saja kehilangan sang ayah. ’’Saya mengganti Kawin karena dia menerima berita sedih hari ini. Ayahnya baru saja meninggal, jadi saya ingin Kawin memiliki momen bahagia hari ini,’’ terangnya. Anda bisa membacanya di bit.ly/AlasanGantiKiper.

Nah, oleh pengisi suara, pergantian kiper itu seolah-olah disebabkan penggunaan doping. Narasi yang diucapkan itu menyebut ada berita mengenai salah seorang pemain timnas Thailand yang terdeteksi menggunakan doping sebelum pertandingan.

Anehnya, tak ada sumber resmi yang menyampaikan bahwa pemain Thailand menggunakan doping saat pertandingan final dengan Indonesia. Tidak ada pernyataan bahwa timnas Thailand didiskualifikasi dari partai final. Justru mereka menjuarai Piala AFF 2020 dengan agregat 6-2.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c17/jun

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads