Video Puting Beliung di Sukabumi, tapi Disebut di Cianjur

3 Desember 2022, 05:48:47 WIB

LEBIH dari sepekan gempa bumi melanda Cianjur, Jawa Barat. Namun, informasi palsu masih terus dikaitkan dengan bencana itu. Misalnya, video yang menyebut angin puting beliung terjadi di Cipanas, Cianjur.

’’Terjadi lagi angin puting beliung.. daerah Cipanas Cianjur. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT,’’ tulis akun TikTok Rendi Daun. Video berdurasi 25 detik itu menunjukkan kondisi permukiman warga. Tak lama, terlihat angin yang berputar-putar. Warnanya abu-abu gelap dan menjulang tinggi. Beberapa pohon tampak bergoyang diterpanya (s.id/PutingBeliungCianjur).

Lantas, apakah benar video itu mencerminkan kondisi di Cianjur? Berdasar penelusuran, video serupa diunggah oleh berbagai kanal YouTube jauh sebelum tragedi gempa bumi di Cianjur.

Salah satunya kanal YouTube iNews id pada 7 September 2022. Berjarak hampir dua bulan dengan peristiwa gempa bumi Cianjur pada 21 November. Video itu berjudul Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gegerbitung Sukabumi.

’’Bencana angin puting beliung rusak puluhan rumah di Desa Caringin, Gegerbitung, Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Rabu (7/9/2022). Kejadian ini viral di media sosial karena banyak warga yang mengunggah rekaman kejadian itu.’’ Demikian keterangannya. Anda dapat melihatnya di s.id/PBSukabumi.

Radar Sukabumi (Jawa Pos Group) turut mengulas kejadian itu. Menurut ulasan yang terbit pada 7 September 2022, puting beliung yang menerjang sejumlah perkampungan di wilayah Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, itu sempat viral di media sosial.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Gegerbitung Ofieq kepada Radar Sukabumi mengatakan bahwa berdasar asesmen saat itu, bencana puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB merusak dua kedusunan di Desa Caringin. ’’Data sementara, baru ada dua kedusunan yang terdampak puting beliung itu. Kedusunan Lio, tepatnya di Kampung Babakan Tanjungsari, dan Kedusunan Tegal Sereh,’’ jelas Ofieq. Anda dapat membacanya di s.id/ViralMedsos.

FAKTA

Video angin puting beliung itu terjadi di Sukabumi, beberapa bulan sebelum gempa bumi di Cianjur.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads