BPBD Garut Minta Pengguna Medsos Tidak Sebarkan Hoax Gempa Garut

3 Desember 2022, 20:30:24 WIB

JawaPos.com – BPBD Garut mengimbau kepada masyarakat agar hati-hati dengan informasi palsu alias video Hoax yang beredar pasca gempa Garut.

Berdasarkan pantauan Radar Garut, banyak warga yang menyebarkan video yang memperlihatkan adanya reruntuhan dan jeritan warga dengan narasi rumah roboh karena gempa.

Padahal setelah ditelusuri, video kerusakan bangunan disertai keterangan gempa garut yang beredar di sejumlah grup aplikasi pesan terrnyata dampak gempa Cianjur beberapa waktu lalu.

Melalui laman instagram resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengimbau agar masyarakat tidak termakan berita hoa

“Mohon maaf untuk rekan-rekan semua mohon bersabar untuk penyampaian dan pers rilis informasi demi kenyamanan dan pelayanan kami, dimohon untuk tidak menyebarluaskan vido-video hoax yang sekarang beredar terkait pasca gempa magnitudo 6,4 SR,” tulis dalam postingan Instagram laman resmi BPBD Garut pada 3 Desember 2022 seperti dikutip Radar Garut..

Sampai saat ini, terpantau masih saja ada warga yang menyebarluaskan video-video yang memperlihatkan reruntuhan rumah dengan narasi gempa garut.

Semua pihak harus hati-hati dengan banyaknya video hoax gempa garut pada 3 desember 2022 yang biasa beredar di beberapa platform media sosial atau grup medsos.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads