alexametrics

Hoax Puluhan Supercar Hangus gara-gara Kilang Pertamina Terbakar

3 April 2021, 05:48:18 WIB

VIDEO pendek tentang deretan mobil mewah yang hangus terbakar disebut-sebut merupakan dampak dari kebakaran tangki kilang minyak Balongan, Indramayu. Kabar itu diunggah akun Facebook Syam Siar pada Rabu (31/3). Katanya, mobil-mobil mewah hangus terbakar setelah meledaknya kilang minyak milik Pertamina.

’’ADA HIKMAHNYA JUGA… MELEDAKNYA PERTAMINA DI INDRAMAYU… MOBIL MEWAH IKUT TERBAKAR…!!! SIAPA PEMILIKNYA???’’ tulis akun Syam Siar di sebuah grup. Video itu berisi kolase foto mobil-mobil mewah yang hangus terbakar. Bahkan, sebagian hanya menyisakan rangkanya (bit.do/DampakKilang).

Anehnya, salah satu foto memperlihatkan mobil-mobil di dalam garasi yang hangus dengan latar belakang pepohonan yang lebar. Jika kebakaran tersebut diklaim sebagai dampak ledakan kilang minyak Pertamina, seharusnya letak garasi itu berdekatan dengan lokasi ledakan. Hal itu berbeda dengan kondisi kilang minyak Balongan yang lokasinya tertutup dan jauh dari permukiman penduduk.

Saat ditelusuri, deretan mobil mewah yang hangus terbakar dalam foto-foto itu berada di Cheshire, bagian barat Inggris. Akun Facebook Supercar Advocates pernah mengunggah foto-foto yang sama pada 19 Maret 2021. Disebutkan bahwa si jago merah melumat 80 supercar, termasuk mobil LaFerrari merah yang bentuknya masih lumayan utuh. Anda dapat melihatnya di bit.do/80Supercar.

Portal otomotif razaoautomovel.com mengabarkan, kebakaran yang menghanguskan 80 supercar di dua garasi besar itu terjadi pada Desember 2020. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Diduga kuat, dua gudang itu sengaja dibakar oleh pelaku tindak kriminal. Anda bisa membacanya di bit.do/GarasiInggris.

Sementara itu, api yang membakar tangki kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, telah padam pada 31 Maret 2021. Upaya pemadaman yang intensif berhasil mematikan seluruh titik api di empat tangki T-301 pada pukul 14.35 WIB. Anda dapat membacanya di bit.do/SudahPadam. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/fat




Close Ads