Klaim Video Salat di Piala Dunia 2022 Qatar, padahal di Rusia

2 Desember 2022, 05:48:28 WIB

EUFORIA Piala Dunia 2022 Qatar dibarengi dengan kabar palsu. Kali ini, sebuah video beredar dengan menampilkan suasana salat berjemaah di dalam stadion. Katanya, terjadi saat perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar.

’’WORLD CUP QATAR 2022. Shalat berjamaah di Stadion Qatar Masya Allah,’’ bunyi keterangan dalam video yang diunggah akun TikTok BANG_DHEL290303, 29 November 2022. ’’Qatar #masyaallah #Shalat #distadion,’’ begitu tanggapannya.

Tampak dalam video tersebut, jemaah yang salat sangat banyak. Bagian belakang tampak dipenuhi jemaah perempuan. Kursi tribun pun hampir kosong (s.id/SalatPDQatar).

Informasi itu tentu perlu dipertanyakan kebenarannya. Sebab, tak ada kabar resmi dan faktual tentang aktivitas tersebut. Bahkan, hingga masuk babak 16 besar pun, tak ada informasi resmi tentang hal itu.

Berdasar penelusuran, beberapa kanal YouTube juga mengunggah video identik jauh sebelum Piala Dunia 2022 Qatar. Tepatnya pada 10 Juni 2019. Judul video tersebut berbunyi, Praying in Stadium | Namaz in Kazan Stadium Russia. Anda dapat melihatnya di s.id/BukanPD.

Beberapa akun Facebook juga mengunggah lengkap dengan keterangan. Salah satunya, akun Wobbler Buster pada 7 Juni 2019. Keterangan itu menyebutkan aktivitas ibadah di Stadion Kazan, Tatarstan, Rusia, pada 25 Mei 2019.

’’Kazan menyelenggarakan salah satu buka puasa terbesar di Rusia,’’ tulis akun tersebut. Stadion Kazan merupakan salah satu stadion yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Seketika stadion diubah menjadi ruang doa besar dan ruang makan hanya untuk satu malam.

Saat itu, buka puasa diselenggarakan untuk 15.000 orang, jumlah terbesar sejauh ini di Kazan. Salah satu iftar massal tersebut terjadi pada Sabtu, 25 Mei di ibu kota Tatarstan, Kazan, untuk kali ketujuh. Anda dapat melihatnya di s.id/StadionRusia.

Situs penyedia gambar Getty Images juga mengabadikan momen-momen serupa pada tahun sebelumnya. Yakni pada 2016. Artinya, aktivitas ibadah itu tidak berkaitan dengan Piala Dunia 2022 Qatar. Anda dapat melihatnya di s.id/Tahun2016.

FAKTA

Video orang salat itu berada di Stadion Kazan, Rusia, yang digunakan sebagai tempat berbuka puasa setiap tahun.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads