alexametrics

Heboh Orang Menggelinding Turuni Bukit dengan Ban Dalam

Dikira Sungguhan, Ternyata Video Iklan
2 Desember 2019, 19:33:41 WIB

JawaPos.com – Video tentang seorang pemuda yang menggelinding dengan bantuan ban dalam untuk menuruni bukit viral selama dua pekan terakhir. Posisi pemuda itu meringkuk di dalam lingkaran ban. Bisa dibayangkan betapa pusingnya sang pemuda saat mencapai bagian bawah bukit.

Nama akun Twitter yang mengunggah video tersebut cukup keren, yakni Science and Nature (@InterestingSci1). Karena itu, yang melihat unggahan tersebut akan mudah percaya bahwa kejadian itu nyata. Apalagi, akun tersebut membubuhkan komentar yang cukup menggelitik atas unggahan video itu. ”When you have a stupid friend,”tulis akun Science and Nature pada 21 November 2019.

Sehari setelah itu, Jawa Pos menemukan unggahan tersebut dibagikan ulang oleh akun Twitter Darwin Award (bit.ly/DenganBanDalam). Akun itu menuliskan keterangan apa adanya tentang video tersebut. Yakni, ”menuruni bukit dengan ban dalam”.

Rekaman berdurasi 28 detik itu juga menunjukkan saat-saat yang menegangkan. Salah satunya ketika sang pemuda dengan ban dalam tiba di dasar bukit, kemudian melintasi sebuah jalan dengan tetap menggelinding. Sebuah mobil yang sedang melaju langsung mengerem dengan keras. Jarak pengereman sangat tipis. Pemuda bersama ban dalam itu akhirnya lolos, lalu nyemplung ke kolam di seberang jalan.

Video yang telah ditonton lebih dari 1 juta kali itu menuai banyak reaksi. Tidak sedikit warganet yang curiga bahwa video tersebut palsu. Namun, ada juga yang menganggapnya nyata dan sangat menghibur.

Penelusuran Jawa Pos menemukan bahwa video serupa diunggah kanal YouTube Latest news the global pada 14 Agustus 2018. Durasinya lebih panjang. Isinya juga lebih lengkap, termasuk detik-detik sebelum aksi itu dilakukan.

Contohnya, saat pemuda itu menggelinding tanpa alat pengaman apa pun. Sayang, video tersebut tidak memberikan keterangan yang jelas. Hanya, salah satu warganet berkomentar bahwa sebenarnya video itu adalah iklan dari salah satu mobil terkenal. Anda bisa melihatnya di sini.

Video dengan penjelasan yang lebih gamblang diunggah kanal YouTube DDB Australia pada 13 Februari 2019. Judulnya Volkswagen Polo ‘Unfail’ Case Study. Dalam kolom keterangan disebutkan, video viral yang menghebohkan itu ternyata iklan untuk teknologi keselamatan mobil Volkswagen (VW).

Situs pencari fakta hoaxorfact.com juga mengulas video itu pada 25 November 2019. Mereka menjelaskan bahwa video yang ramai dibicarakan sejak Agustus 2018 tersebut tidak nyata dan merupakan iklan Volkswagen Polo. Iklan itu bermaksud menunjukkan bahwa mobil bisa berhenti (mengerem) tepat waktu dan menghindari kecelakaan. Anda dapat membacanya di sini.


FAKTA

Video yang diunggah akun Science and Nature adalah iklan peranti keselamatan Volkswagen Polo. Bukan sekadar pemuda bodoh yang menuruni bukit secara menggelinding dengan meringkuk di ban dalam.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c11/fat



Close Ads