alexametrics

Viral Video Seorang Wali Kota Didorong hingga Nyemplung ke Sungai

Bukan Sungguhan, Hanya Pementasan
2 November 2019, 11:57:12 WIB

JawaPos.com – Video yang dilengkapi keterangan bahwa seorang wali kota didorong hingga jatuh ke sungai menyebar di semua platform media sosial (medsos). Katanya, warga marah lantaran sang wali kota tidak menepati janjinya untuk membangun jembatan.

”Walikota ini menjanjikan sebuah jembatan di sungai dia datang lgi untuk kampanye pemilihan masa jabatan baru dan menjanjikan hal yg sama dan hanya mengobral janji yg tak pasti gmna publik menyambut nya mblo.” Begitulah narasi yang ditulis akun Twitter Yumi pada 22 Oktober 2019.

Dalam video itu, tampak seseorang berkemeja putih seperti sedang berkunjung ke sebuah tempat. Beberapa warga menyambut dengan menyoraki kedatangan pria tersebut. Sesampai di tepi sungai, tiba-tiba seorang pria mendorong wali kota itu ke sungai. Lalu, dia tersungkur dan lari tunggang-langgang.

Sayangnya, video berdurasi 16 detik itu tidak memberitahukan lokasi kejadian tersebut. Hanya ada sedikit petunjuk tulisan berbunyi, Portal Engomadeira. Saat tulisan itu ditelusuri di mesin pencari Google, muncul video dari halaman FacebookPortal Engomadeira. Video tersebut berdurasi sembilan menit dengan keterangan berbahasa Portugis yang menyertakan beberapa tagar.

”Politisi telah berjanji dan tidak memenuhinya. Kemudian dibuang ke selokan terbuka,” begitu keterangan video yang ditulis pada 11 Mei 2019. Lalu, arti tagar yang disertakan berbunyi, Rekaman, Pementasan, Realitas Kehidupan.

Ada empat sesi adegan yang ditampilkan. Menit awal menunjukkan sebuah trailer. Kedua, memperlihatkan seorang politikus sedang blusukan dan melakukan dialog dengan warga pinggiran. Ketiga, terlihat sebuah tulisan berbunyi, ”4 tahun kemudian. Anggota dewan terpilih dan tidak menepati janjinya”. Terakhir, sang politikus didorong ke sungai, tercebur, dan akhirnya lari tunggang-langgang. Anda dapat melihat video itu di bit.ly/PentasVersiLengkap.

Namun, ada sebuah portal berita g1.globo.com yang ternyata mengulas video itu secara terperinci pada 6 Juni 2019. Disebutkan bahwa video tersebut sebenarnya merupakan pementasan yang dilakukan Portal Engomadeira, sebuah fanpage yang dibuat penduduk lingkungan Engomadeira di Salvador, Bahia, negara bagian Brasil. Erico Silva, penanggung jawab portal itu, juga hadir di akhir video.

Sebenarnya, pria yang berperan sebagai politikus dan didorong ke selokan itu adalah wakil presiden dari asosiasi warga lingkungan Engomadeira. Tujuan Portal Engomadeira membuat video itu untuk menunjukkan kenyataan di masyarakat. Mereka ingin menyuarakan aspirasi warga dan komunitas yang tidak pernah didengar. Anda dapat membacanya di bit.ly/PementasanRealitas.

FAKTA

Video yang disebar akun Twitter Yumi merupakan pementasan kondisi realitas masyarakat di Engomadeira, Bahia, Brasil. Video itu dibuat komunitas penduduk lingkungan Engomadeira pada Mei 2019.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c6/fat



Close Ads