alexametrics

Produsen Hoax Benturkan Prabowo dengan Yusuf Mansur

2 November 2019, 13:18:52 WIB

JawaPos.com – Terpilih Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan masih saja diikuti kabar palsu. Kali ini produsen hoax mencatut pendakwah Ustad Yusuf Mansur untuk membuat komentar sinis. Agar meyakinkan, komentar palsu itu dibikin seperti sebuah berita.

UYM: Prabowo Masih Kurang Cocok Jadi Menhan, Harusnya Coba Menjabat dari ketua RT dulu. Begitu judul berita yang diunggah blog clickbait bernama emputnews.blogspot.com. Blog itu juga mengunggah capture cuitan dari Twitter Yusuf Mansur yang diberi tanggal 10 Oktober 2019.

Faktanya, cuitan yang diklaim berasal dari akun Yusuf Mansur tersebut sudah direkayasa. Pria yang juga pimpinan Ponpes Daarul Qu’ran, Tangerang, itu pun sudah memberikan klarifikasi. ’’Ini diedit orang. Cek aja,’’ tulis Yusuf Mansur melalui akun Instagram-nya. Lagi pula, Jokowi mengumumkan jajaran menteri pada 23 Oktober, sedangkan cuitan Yusuf Mansur diberi tanggal 10 Oktober.

Sementara itu, isi berita blog emputnews ternyata nyomot dari portal berita tribunnews.com. Hal tersebut tampak dari dua paragraf awal yang sama persis. Judul aslinya berbunyi, Prabowo Jadi Menteri Pertahanan, PAN Kaget, Ini Tanggapan PKS. Anda dapat membaca berita itu di bit.ly/JadiMenhan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c22/fat



Close Ads