alexametrics

Hoax Foto Pemimpin Taliban Minum Miras di Jet Pribadi

2 September 2021, 05:48:07 WIB

AKUN Twitter @Haru0neday2813 membagikan foto plus narasi yang berusaha menyudutkan Taliban. Foto tersebut memperlihatkan pria beserban duduk di dalam pesawat dan di dekatnya ada sebotol wiski. Foto itu lantas diberi keterangan bahwa pimpinan agama dari Taliban sedang minum wiski di pesawat jet pribadinya.

”Para pemimpin agama Taliban minum wiski dan terbang dengan jet pribadi, sementara tentaranya percaya kepada mereka, dalam apa yang mereka sebut ’Allahu Akbar’ (Tuhan Mahabesar),” tulis akun Twitter @Haru0neday2813 (bit.ly/PimpinanTaliban).

Foto tersebut memang memperlihatkan pria berjanggut putih dan beserban duduk di kursi kelas bisnis sebuah maskapai penerbangan. Dia tampak seperti sedang menelepon. Lalu, di meja kecil di sampingnya terdapat satu botol minuman keras dan gelas bening yang terisi sedikit minuman keras.

Saat dilakukan penelurusan, pria itu ternyata bukan pemimpin agama kelompok Taliban. Versi asli foto itu pernah diunggah akun Facebook Jamiat Talba Islam Bajaur pada 15 Agustus 2019. Dalam foto tersebut, tidak ada botol wiski beserta gelasnya. Artinya, versi foto yang diunggah akun Twitter @Haru0neday2813 sudah melalui proses rekayasa.

Di versi aslinya, keterangan foto itu juga tidak berkaitan dengan Taliban. Hanya sebatas narasi berupa kata-kata mutiara dalam bahasa Arab tentang kepemimpinan. ”Seorang pemimpin adalah orang yang keberaniannya tertulis dalam sejarah. Seorang pemimpin bukanlah yang istrinya menulis buku tentang perbuatan buruknya.” Begitu bunyi narasi yang menyertai foto tersebut. Anda dapat melihatnya di bit.ly/TakAdaBotol.

Pria berjanggut putih dalam foto itu bernama Maulana Fazl ur Rehman. Dia adalah politikus Jamiat Ulama e Islam Pakistan atau dari Pakistan Democratic Movement (PDM). Menurut situs cek fakta AFP, pesawat yang dinaiki Maulana Fazl ur Rehman merupakan pesawat bisnis dari Saudia Boeing 777. Terlihat kesamaan tempat duduk seperti bingkai meja posisi samping yang berwarna krem dan meja cokelat. Maskapai Saudi Boeing 777 juga tidak menyajikan minuman beralkohol di dalam pesawat. Anda dapat membacanya di bit.ly/FotoRekayasa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads