alexametrics

Nyanyian Anak-Anak pada 2018, Bukan Penyambutan Jokowi di Rusia

2 Juli 2022, 05:48:26 WIB

BEREDAR video pendek yang menyebutkan bahwa anak-anak di Rusia sedang menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Mereka disebut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

’’Hebat. Ini anak murid sekolah Rusia. Menyambut kedatangan Jokowi mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia,’’ tulis akun Facebook Kristi Kristi kemarin (30/6). Akun tersebut mengunggah video tampilan grup paduan suara cilik (bit.ly/SambutJokowi).

Akun lain, Joe Alexander juga mengunggah video serupa. ’’Anak-anak sekolah Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya menyambut kedatangan Presiden Jokowi ke Rusia untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin,’’ tulis akun tersebut kemarin (bit.ly/SambutKunjungan).

Memang video singkat itu memperlihatkan grup paduan suara anak-anak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Namun, tak ada satu pun gambar yang memperlihatkan Presiden Jokowi ada di sana saat mereka menyanyi.

Memang benar, Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia dengan membawa pesan perdamaian. Namun, tak ada keterangan resmi tentang penyambutan oleh anak-anak tersebut ketika itu.

Portal Jawapos.com menyampaikan, Presiden Jokowi tiba di Moskow, Rusia, pada Kamis (30/6) dengan agenda untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa rombongan mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Lalu, Jokowi dan rombongan menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu Presiden Putin. Anda dapat membacanya di bit.ly/AcaraSingkat.

Hingga berita ini ditulis, akun Twitter resmi milik Sekretariat Kabinet pun belum merilis foto pertemuan antara Jokowi dan Vladimir Putin. Hanya kedatangan ke Rusia dan bertemu dengan kepala protokol Federasi Rusia. Anda bisa melihatnya di bit.ly/UpdateKunjungan.

Nah, soal video tersebut, tentu tidak ada kaitan dengan kunjungan presiden kali ini ke Ukraina dan Rusia. Beredar penelusuran, kanal YouTube Aditovich mengunggah pada 21 Mei 2018. Judulnya berbunyi, Anak-Anak Sekolah Rusia Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Video itu sudah beredar empat tahun lalu. Jadi, tidak ada kaitan dengan kunjungan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. Keterangan video itu menyebut, Sekolah Gymnasium No 18, Kota Korolev, Rusia, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Anda dapat membacanya di bit.ly/SDRusia2018.

FAKTA

Video anak Sekolah Gymnasium, Kota Korolev, Rusia, menyanyikan Indonesia Raya pada 2018.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun

Saksikan video menarik berikut ini: