alexametrics

Pembuat Hoax Ganti Yel-Yel TNI-AD Ganti dengan Nyanyian Suporter Bola

1 Oktober 2019, 21:50:55 WIB

JawaPos.com – Pembuat hoax yang satu ini, tampaknya, sedang mencari masalah dengan TNI-AD. Mencomot video yel-yel prajurit Raider Kostrad, kemudian mengganti suaranya dengan chant suporter sepak bola yang biasa digunakan untuk mengejek klub Persija Jakarta. ’’Macane dadi kucing, macane dadi kucing.’’ Demikian suara yang terdengar dari video tersebut.

Video editan itu juga diberi keterangan yang menghasut. Katanya, nyanyian tersebut adalah bentuk kekecewaan mereka atas pernyataan panglima TNI. ’’Kalau yang ini sehati dengan rakyat. Kekecewaan prajurit TNI atas penyataan panglima TNI.’’ Demikian penggalan narasi yang diunggah akun Instagram Perempuan.Muslim75 kemarin (30/9).

Sejak awal, suara dalam video itu memang mencurigakan. Sebab, nyanyian yang terdengar beriringan dengan suara trompet gas seperti yang biasa dibunyikan suporter sepak bola. Saat ditelusuri, versi asli video tersebut sangat mudah ditemukan di YouTube. Tentu saja, tidak ada teriakan-teriakan tentang macan atau kucing.

Misalnya, yang diunggah kanal Nur Agustina pada 12 Januari 2016 dengan judul Keren Raiders TNI Kostrad Yel-Yel. Syairnya tentang prajurit Kostrad yang selalu siap sedia demi NKRI. Anda bisa melihat versi asli video itu di bit.ly/RaiderKostrad.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat



Close Ads