Sebar Hoax Penyiksaan Anak-Anak Rohingya dari Gambar Kamp Olimpiade

1 Maret 2019, 18:08:18 WIB

JawaPos.com – Foto aktivitas kamp pembibitan atlet Olimpiade di Tiongkok kembali menjadi bahan hoax. Beberapa akun Facebook menyebut foto itu merupakan rekaman kekejaman yang dialami anak-anak muslim Rohingya.

Jawa Pos menemukan kabar palsu itu disebarkan akun Facebook Ijah (fb.com/emak.ijah.79). Dia mem-posting foto anak-anak yang sepintas seperti mengalami penyiksaan. Mereka bergelantungan dengan posisi tangan di belakang badan. Rata-rata hanya mengenakan celana dalam dan bertelanjang dada. “Relakah anak cucu kita dibikin seperti anak2 rohingya ini ketika Komunis berkuasa?” tulis Ijah pada 26 Februari 2019.

Sesuai tangkapan gambar, posting-an itu sudah dibagikan lebih dari 6.500 kali. Tidak sedikit netizen yang memercayai posting-an itu. Padahal, jika dicermati, narasi yang ditulis Ijah sudah jelas-jelas salah. Myanmar bukan negara komunis.

Foto yang di-posting Ijah ternyata sudah pernah muncul di situs dailymail.co.uk. Foto itu dilengkapi berita berjudul Torture or training? Inside the brutal Chinese gymnasium where the country’s future Olympic stars are beaten into shape. Berita yang terbit pada 1 Agustus 2012 tersebut menjelaskan suasana kamp pelatihan anak-anak Tiongkok dalam mempersiapkan Olimpiade pada masa mendatang.

Pelatihan yang harus dijalani anak-anak itu memang sangat keras, bahkan bisa dibilang kejam. Mereka digembleng secara rutin di gedung olahraga yang terletak di Kota Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok Selatan.

Dailymail.co.uk menyebutkan bahwa Nanning merupakan satu di antara sekian banyak kamp pelatihan yang kejam. Rentang umur anak yang dilibatkan dalam latihan tersebut mulai 5 hingga belasan tahun. Khusus para calon atlet senam, mereka memulai latihan sejak usia dini.

Situs Dailymail.co.uk juga memperlihatkan atlet renang asal Tiongkok Ye Shiwen yang memperoleh medali emas. Ye Shiwen menyebut capaian itu sebagai hasil kerja keras selama latihan. Selengkapnya, Anda dapat mengakses berita itu di link ini, bit.ly/LatihanTiongkok. 

FAKTA

Posting-an akun Facebook Ijah tentang foto anak-anak Rohingya yang disiksa adalah hoax. Foto itu merupakan rekaman aktivitas kamp pembibitan atlet Olimpiade di Kota Nanning, Tiongkok Selatan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c7/fat)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
Sebar Hoax Penyiksaan Anak-Anak Rohingya dari Gambar Kamp Olimpiade