alexametrics

Hoax, Kecelakaan Lawas Dibuat Seolah Baru

1 Maret 2019, 17:02:48 WIB

JawaPos.com – Sebuah video kecelakaan viral di media sosial (medsos). Video tersebut menggambarkan dua pelajar sedang mengendarai sepeda motor. Mereka mendahului bus melalui lajur kiri. Namun nahas, motor yang mereka kendarai oleng dan terjatuh di depan bus. Akibatnya, dua siswi dan motornya itu masuk ke bawah bus.

“Ngilu! Detik detik dua pelajar tergilas bus di Jalan Cileungsi-Cianjut,” tulis pemilik akun Facebook Subang Memilih (fb.com/Subang-Memilih-168421207068170/). Akun tersebut menyertakan link portal tintahijau.com yang memberitakan kejadian itu pada 26 Februari 2019.

Jika diteliti, unggahan dalam portal berita tersebut tampak janggal. Pertama, ada kesalahan penulisan tanggal. Portal Tinta Hijau menulis, kecelakaan terjadi pada Selasa, 28 Februari 2019. Padahal, tanggal itu adalah hari Kamis. Berita juga dibuat pada 26 Februari. Artinya, dua hari sebelum kecelakaan. Hmmm, mungkin penulisnya paranormal.

Sejumlah portal berita media mainstream juga melacak kebenaran kabar tersebut ke Polres Bogor. Hasilnya, Kanitlaka Lantas Polres Bogor Ipda Ade Kamsa memastikan bahwa kabar tersebut hoax. Sejak video itu beredar, Polres Bogor langsung mengecek lokasi kecelakaan. Tepatnya Jalan Raya Narogong, Limusnunggal, Cileungsi, Bogor. “Kami sudah memeriksa pihak yang memiliki CCTV. Kejadiannya ternyata Maret 2018,” papar Ade. Korban terluka, tapi tidak meninggal. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c11/fat)



Close Ads
Hoax, Kecelakaan Lawas Dibuat Seolah Baru