alexametrics

Salah Persepsi dengan Video Penguin di Gundukan Sampah Plastik

1 Januari 2019, 19:21:22 WIB

JawaPos.com – Sebuah video yang menggambarkan kawanan penguin hidup di gundukan sampah plastik tersebar di media sosial. Banyak yang mengira kejadian tersebut asli. Padahal, itulah video hasil olah digital karya WWF untuk kampanye melawan sampah plastik.

Video tersebut terlihat seperti hasil rekaman seseorang dari atas kapal laut. Kawanan penguin tampak berada di sebuah gundukan. Adegan lain dalam video itu memperlihatkan dari dekat kawanan penguin tersebut. Ternyata mereka sedang berada di atas gundukan sampah plastik.

Sebuah channel YouTube GMS Watch and Pray menyebutkan, peristiwa itu terjadi di perairan Pasifik Selatan. “Cuplikan mengejutkan dari penguin yang hidup di pulau sampah plastik! Para peneliti merekam gambar-gambar yang mengganggu ini di Pasifik Selatan: puluhan penguin Gentoo telah menetap di sebuah pulau sampah plastik,” tulis akun tersebut.

Nah, beberapa media yang punya kanal pengecekan fakta membahasnya. Termasuk ABC 10 News. Ternyata video penguin itu hanya fiksi serta dibuat World Wide Fund for Nature (WWF). WWF Jerman menampilkan video tersebut sebagai bentuk kampanye melawan sampah plastik untuk April Mop.

Dalam link tulisan itu, www.wwf.de/aktuell/pinguine-auf-plastikmuellinsel/aufloesung, dijelaskan bahwa video tersebut merupakan karya montase. Tidak asli. ”Seluruh penguin yang difilmkan baik-baik saja dan terus hidup bahagia di pulau es mereka. Ini adalah montase gambar. Tapi, kita hidup di dunia tempat bahaya pencemaran plastik seperti itu bisa dengan cepat menjadi nyata,” tulis WWF.

Kalau saja video itu berada di tangan para peternak fan page di Indonesia, mungkin ceritanya bakal sama. Disebarkan sebagai disinformasi seolah apa yang ada di video tersebut benar. Plus, ditambahi kalimat-kalimat berharap like, share, dan comment dengan modus minta ketik ”amin”. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (gun/c14/fat)



Close Ads
Salah Persepsi dengan Video Penguin di Gundukan Sampah Plastik