alexametrics

Buka Puasa Rasa Amerika Latin dengan Resep Ayam Chimmicurri

30 Mei 2019, 14:52:53 WIB

JawaPos.com – Masakan Indonesia sudah umum disajikan untuk menu berbuka puasa. Masakan Western atau Asia juga biasanya umum disantap masyarakat. Nah kali ini, menu yang berbeda bisa disajikan saat berbuka sebab berasal dari Amerika Latin. Namanya Chicken Chimmicurri.

Chimmicurri merupakan bumbu yang kuat pebuh dengan rempah-rempah khas dsri negara Amerika Tengah seperti Amerika Latin atau Meksiko. Cabai Jalapeno khas negara tersebut mewarnai rasanya. Chef Noldy Herling dari Hotel Mercure Jakarta Simatupang memberikan resepnya.

“Rasanya pedas harum khas herbs atau rempah. Mudah dibuat di rumah asalkan membeli bahan-bahannya di pasar swalayan yang menjual bahan-bahan atau bumbu internasional,” kata Chef Noldy kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Bumbu khas tersebut seperti daun basil, daun rosemarry, daun ketumbar dan bijinya, jintan, dan bubuk cabai pedas. Chef Noldy menyarankan agar menggunakan daging ayam yang utuh sehingga cukup untuk porsi satu keluarga.

“Gunakan ayam utuh tanpa fillet sehingga bisa lebih meresap bumbunya,” ujarnya.

Bahan-bahan:

Bumbu Chimichurri
1/2 gelas olive oil
1/2 gelas potongan peterseli
4 siung bawang putih dicincang
2 cabai rawait dan cabai bubuk secukupnya
3/4 sendok oregano
1/2-1 sendok teh garam
1/2 sendok teh lada sesuai selera
Daun ketumbar
Daun rosemarry
Daun basil
Biji ketumbar

Ayam
1 ayam utuh dan lumuri dengan garam

Cara Membuat:
Campur semua bahan di mangkuk dan diamkan 5-10 menit agar tercampur. Bahkan boleh didiamkan selama sehari penuh agar rasa bumbunya lebih meresap. Selanjutnya bumbui ayam fengan garam, dan tuang bumbu Chimmicurri secara menyeluruh. Dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya panaskan penggorengan dengan api sedang dan masak hingga kecokelatan. Angkat saat matang.
Selanjutnya tambahkan lagi bumbu Chimmicurri di atas ayam yang sudah matang atau siapkan bumbu terpisah untuk tambahan. Sajikan dengan kentang atau nasi hangat.

Kandungan Nutrisi Ayam 

Dilansir dari Live Strong, Kamis (30/5), ayam adalah jenis unggas yang tinggi protein dan, ketika dimakan tanpa kulit, lemaknya makin sedikit. Dada ayam tanpa kulit adalah yang terendah dalam lemak dan kalori. Ayam kaya vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Seperti daging sapi, ikan, dan jenis unggas lainnya, ayam kaya protein. Setiap ons daging ayam menghasilkan protein 7g. Ayam adalah makanan dengan protein lengkap, artinya mengandung semua sembilan asam amino esensial. Protein memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia, termasuk membangun jaringan dan otot tubuh.

Dan ayam adalah makanan bebas karbohidrat. Menurut NutritionData, ayam juga sumber yang kaya akan dua vitamin B: niacin atau vitamin B3 dan vitamin B6.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads