alexametrics

Bermain Sambil Meresapi Rasa Syukur Bersama Puluhan Anak Yatim

28 Mei 2019, 19:42:23 WIB

JawaPos.com – Ramadan memang momen yang tepat untuk lebih mendekatkan diri dengan sang Pencipta. Tak hanya lewat ibadah, proses pendekatan diri bisa dilakukan dengan cara bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.

Hal itulah yang coba diterapkan Yayasan Rumah Baahirah dengan mengajak puluhan anak yatim piatu Pesantren Daarur Rasul (anak-anak Papua) bermain di arena Kidzania, Jakarta, Selasa (28/5). Pembina Yayasan Rumah Baahirah, Rani Anggraini mengungkapkan kegiatan ini memang didasari karena rasa syukur atas nikmat hidup yang selama ini ri dapatkan.

Terlebih, tak semua anak bisa merasakan kesenangan seperti anak-anak lainya yang tumbuh dengan penuh kecukupan dan kasih sayang orang tua. “Mereka kan tak bisa memilih untuk lahir dimana, kita harus bersyukur karena dilahirkan lebih beruntung dan ini sebagaai salah satu wujud syukur, agar apa yang diberikan Allah bisa bermnafaat untuk mereka,” ujar Rani saat ditemui di Kidzania, Jakarta, Selasa (28/5).

Lalu apa alasannya memilih Kidzania?

Bagi Rani, setiap anak berhak untuk berkembang dan menggapai cita-cita yang diinginkan. Untuk itu, dengan bermain di Kidzania, anak-anak asuhannya bisa mengetahui dan mencicipi apa yang ingin dilakukannya setelah dewasa nanti.

Menurutnya, masa depan negeri ini dipegang oleh generasi muda. Maka dari itu pihaknya mencoba semaksimal mungkin untuk turut serta memberi motivasi, membina, dan membimbing generasi muda agar memiliki minat dan potensi yang kuat.

“Saya ingin membuat sesuatu (tak hanya sumbangan), anak-anak itu bisa dari kecil menanamkan tekad untuk berkarya di bidangnya masing-masing kelak. Jadi ini (Kidzania) lengkap untuk mengembangkan bakat anak usia dini,” lanjutnya.

Kidzania memang diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin menyalurkan hobi atau minatnay dengan cara bermain. Terletak di Pasific Place Jakarta, Kidzania menampilan miniatur kota dengan ragam profesi seperti pemadam kekabarakn pilot, dokter, polisi hingga pegawai bandara.

Manfaat Anak Bergerak Aktif

Selain menyalurkan minatnya dengan cara yang menyenangkan, bermain aktif di dalam maupun luar ruangan ternyata juga bermanfaat bagi perkembangan sosial si anak. Dilansir dari Care, Selasa (28/5), setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diambil.

Seperti menajdikan anak lebih sehat karena banyak bergerak. Lalu, bermain di luar bersama teman juga membantu anak-anak belajar bergiliran, berbagi, dan mengembangkan keterampilan perilaku positif lainnya. Bahkan, otak atau daya pikir anak akan lebih kreatif.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads