alexametrics

Dekorasi Rumah Jelang Lebaran, Ini yang Perlu Dipersiapkan

26 April 2021, 17:06:49 WIB

JawaPos.com – Ibadah puasa sudah berjalan dua minggu sejak dilaksanakan pada 13 April lalu. Jadi, tinggal menghitung hari, umat muslim akan merayakan hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Momen Lebaran ini pun biasanya digunakan untuk bersilaturahmi antar keluarga atau orang-orang terdekat. Oleh karenanya, penting juga untuk menghias rumah ketika Lebaran tiba. Namun, apa saja yang perlu dipersiapkan jelang Lebaran?

Interior Communication Manager Dekoruma, Kania Bunga Wraspati mengatakan bahwa untuk mendekorasi rumah ini terdapat beberapa langkah. Pertama adalah decluttering atau memilah mana barang yang dibutuhkan, didonasikan, dijual serta dibuang.

“Kita harus memilah barang mana yang terpakai dan tidak terpakai, agar tidak stuck (sempit), jadi sebelum dan setelah lebaran rumah tetap rapi, harus fokus satu ruangan dulu. Misalnya dari kamar tidur, ke ruang makan, ruang keluarga dan gudang, ini harus fokus ke satu area dulu sampai itu kelar dan selesai baru pindah ke area lain,” jelas dia dalam acar daring Inspirasi dan Tips Dekorasi Rumah Sambut Silaturahmi Virtual, Senin (26/4).

Kemudian, setelah barang-barang sudah dikategorikan berdasarkan klasifikasinya, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyimpan barang tersebut menggunakan kotak penyimpanan dengan tetap pada kategorinya. “Bagusnya per kategori disimpannya, kemudian kita taruh di kotak penyimpanan dan kita labelin,” terangnya.

Semisal sudah dilakukan, pemilihan spot terbaik untuk melakukan silaturahmi virtual akibat pandemi Covid-19 juga perlu dipersiapkan. Utamanya adalah ruangan yang menjadi ruang kumpul keluarga dan memiliki pencahayaan yang baik.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: