alexametrics

Arus Balik Mulai Turun, Sistem One Way Sore Ini Belum Dipastikan

20 Juni 2018, 15:12:50 WIB

JawaPos.com – Dari pantauan Korlantas Polri, hingga Rabu (20/6) siang intensitas arus balik Lebaran 2018 cenderung menurun. Penurunan itu membuat Korlantas belum memastikan untuk memberlakukan sistem satu arah (one way) di ruas Tol Cipali-Cikampek pada hari ini. Keputusan pemberlakuan one way akan diputuskan pada sore ini.

Kabag ops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengatakan karena instensitas kendaraan cenderung menurun. Oleh sebab itu, Korlantas belum memberlakukan sistem one way atau satu arah dari tol Palimanan hingga Cikarang Utama seperti hari sebelumnya.

Penerapan sistem one way ini akan diputuskan pada sore ini. Jika terjadi kepadatan maka sistem tersebut akan kembali diterapkan.

Arus Balik Mulai Turun, Sistem One Way Sore Ini Belum Dipastikan
Pemudik kembali ke Jakarta lewat Tol Cipali di GT Palimanan. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

“Tadi kami lihat situasi arus lalu lintas dari arah timur dulu. Masalah perberlakuan one way pada pukul 3 sepertinya mundur (hingga jam 5),” ujar Benyamin kepada JawaPos.com, Rabu (20/6).

Sejatinya, kata Benyamin, sistem one way akan diberlakukan pada pukul 15.00 ini. Tetapi dari hasil pantauan di lokasi terjadi penurunan kepadatan kendaraan. Akibatnya Korlantas membatalkan penerapan kebijakan itu pada pukul 15.00.

“Tadinya kita lihat pagi ini akan diberlakukan one way jam 3 ini. Tapi kok ini barusan patroli sepertinya agak berkurang, terus kita cek ke Jasa Marga ada penurunan arus lalu lintas hari ini,” terangnya.

Lebih lanjut Benyamin menjelaskan, jika sistem one way kembali diterapkan sore nanti, maka rekayasa lalu lintas akan sedikit berubah dari hari sebelumnya.

Jika dari hari sebelumnya sistem one way dilakukan dari Palimanan hingga Cawang, kali ini akan diperpendek hanya sampai Cikarang Utama. Sedangkan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Jawa Tengah akan dikeluarkan melalui pintu tol Cikarang Barat, kemudian perjalanan dilanjutkan melalui jalur arteri.

“Hampir sama (rekayasa lalu lintasnya), cuma kita rencanakan semua langsung sampai Cikarang Utama kemudian di Cikarang Utama kita ambil satu lajur untuk contraflow ke Cawang. Arah Cawang (menuju Jateng) kita keluarkan di Cikarang Barat itu rencana awal,” imbuh Benyamin.

Meski demikian Benyamin menegaskan sistem kebijakan rekayasa lalu lintas ini dapat berubah sewaktu-waktu. Hal itu akan disesuaikan dengan intensitas kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

“Ini tergantung dari situasi Jawa Tengah, tapi sampai siang ini Jawa Tengah masih agak landai ya,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/sat/JPC)



Close Ads
Arus Balik Mulai Turun, Sistem One Way Sore Ini Belum Dipastikan