alexametrics

Sukses Cegah Pemudik Nginap di Tol, Sistem One Way Tetap Dilanjutkan

19 Juni 2018, 15:53:42 WIB

JawaPos.com – Korlantas Polri mengklaim penerapan sistem satu arah (one way) pada Selasa (18/6) sukses mengurai kemacetan arus balik. Rencananya sistem itu terus dilanjutkan untuk beberapa hari ke depan. Terutama pada masa arus balik Lebaran 2018.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin menyatakan sistem tersebut berjalan baik dan efektif mengurai kemacetan. “Menurut kita (one way semalam) efektif sekali,” ujar Benyamin kepada JawaPos.com, Selasa (19/6).

Kesimpulan itu diambil setelah diketahui tidak adanya penumpukan kendaraan dari tol Palimanan hingga Cawang selama sistem itu diterapkan. Efeknya tidak ada pengemudi yang harus menginap di ruas tol karena terjebak kemacetan.

Sukses Cegah Pemudik Nginap di Tol, Sistem One Way Tetap Dilanjutkan
Pemudik di ruas Jalan Tol Cipali menuju arah Jakarta (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Seluruh kendaraan yang berangkat sejak sore dari arah Jawa Tengah telah memasuki wilayah Jakarta mulai dini hari. Tak ayal, situasi lalu lintas jadi normal.

“Buktinya tidak ada masyarakat yang dia berangkat sore terus dia masih tersisa tadi pagi (di tol). Kecuali kalau dia tidur di rest area yah, tapi karena kemacetan nggak ada,” terang Benyamin.

Sementara itu adanya pergerakan arus balik di dalam tol saat pagi tadi, disebabkan karena para pemudik memilih rehat atau tidur untuk mengisi tenaga di rest area. Sehingga para pemudik ini baru melanjutkan perjalanannya saat fajar terbit.

“Kalau ada tadi pagi bergerak (arus balik) karena memang dia pagi tadi bergeraknya bukan karena sisa semalam,” pungkas Benyamin.

Atas hasil evaluasi tersebut, maka Korlantas kembali memberlakukan sistem one way dari tol Palimanan hingga Cawang siang ini. Langkah ini diambil sebagai upaya mengurai kemacetan yang terjadi akibat volume kendaraan terus naik.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (sat/JPC)


Close Ads
Sukses Cegah Pemudik Nginap di Tol, Sistem One Way Tetap Dilanjutkan