alexametrics
Arus Balik Lebaran 2018

Korlantas Berlakukan One Way di Tol Palimanan-Cawang Arah Jakarta

19 Juni 2018, 15:15:12 WIB

JawaPos.com – Korlantas Polri kembali memberlakukan sistem contraflow untuk mengurai arus balik Lebaran 2018. Sistem contraflow dengan satu arah (one way) dari pintu Tol Palimanan hingga Cawang itu dimulai dari pukul 15.00.

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Benyamin menyebut, volume kendaraan diprediksi masih akan terus meningkat hingga nanti malam. Oleh sebab itu penerapan sistem one way dari pintu Tol Palimanan hingga Cawang akan kembali diberlakukan siang ini.

“Iya betul (akan ada one way dari Palimanan-Cawang),” ujar Benyamin kepada JawaPos.com, Selasa (19/6). Saat ini petugas tengah bersiap-siap menerapkan sistem one way.

Korlantas Berlakukan One Way di Tol Palimanan-Cawang Arah Jakarta
Pemudik melintas di Tol Cipali menuju arah Jakarta (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Ruas jalan tol dari Cawang menuju Palimanan saat ini tengah dilakukan sterilisasi untuk kemudian ditutup total pada sekitar pukul 15.00 WIB. Selain itu, petugas juga mulai disebar guna melakukan rekayasa lalu lintas.

“Ini masih persiapan, kita paling cepat jam 3 mulainya. Karena itu kita nunggu clear dulu sepenjang jalur itu,” terang Benyamin.

Lebih lanjut Benyamin menuturkan penerapan sistem one way siang ini belum dapat dipastikan akan berlangsung berapa lama. Hal tersebut akan disesuaikan dengan volume kendaraan yang melintas.

Korlantas sendiri baru akan menghentikan sistem ini jika kendaraan dari arah Jawa Tengah telah terkuras habis. Diharapkan dengan pola satu arah ini dapat mengurai kemacetan di ruas jalan tersebut.

Sementara itu untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah akan diarahkan untuk exit di tol Cawang menuju Kalimalang. Pengendara kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju arah Bekasi hingga masuk jalur Pantai Utara (Pantura) melalui jalan arteri.

“(Kendaraan dari Jakarta) Lewat Pantura, sudah kita alihkan dari Kalimalang Bekasi lanjutnya (ke Pantura),” imbuh Benyamin.

Sedangkan untuk mengurai kepadatan di jalan arteri Pantura menuju Jawa Tengah, Korlantas sendiri telah menyebar personilnya. Mereka akan berjaga dan mengatur jalannya lalu lintas sepanjang jalur tersebut.

“Sudah kita antisipasi (kapadatan di jalur arteri arah Jawa Tengah). Dari awal operasi sudah ditempatkan personil-personil di sana,” pungkas Benyamin.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (sat/JPC)


Close Ads
Korlantas Berlakukan One Way di Tol Palimanan-Cawang Arah Jakarta