alexametrics

Nikmatnya Buka Puasa Ala India dengan Nasi Biryani

19 Mei 2019, 14:23:09 WIB

JawaPos.com – Bosan dengan menu yang itu-itu saja saat berbuka puasa, cobalah berkreasi dengan menu dari mancanegara. Seperti nasi Biryani khas India, bisa menjadi pilihan yang lezat.

Rasa hidangan ini menjadi khas karena mencampurkan nasi dengan rempah-rempah lalu ditambahkan daging seperti sapi kambing maupun ayam. Secara tampilan nasi biryani ini mirip dengan nasi kebuli dari Arab Saudi. Namun cita rasanya berbeda.

Dilansir dari NDTV, Minggu (19/5), Biryani berasal dari kata ‘biryan’ dan konon berakar di Persia. Hidangan ini menjadi populer di India selama pemerintahan Mughal.

Di Indonesia, Nasi Biryani juga bisa dihidangkan dengan ayam bagi nereka yang khawatir dengan kolesterol dari daging kambing. Berikut resep sederhana membuat nasi biryani dengan tambahan ayam.

Bahan-bahan:

600 gram nasi basmati rebus
1 kg paha ayam
4 sendok makan daun mint cincang
1 sendok teh garam masala bubuk
garam sesuai kebutuhan
2 sejumput saffron
2 sendok teh bubuk ketumbar
1 sendok makan pasta jahe
1 sendok makan pasta bawang putih
4 cabai iris & irisan hijau
2 sendok makan pure tomat
320 gram tomat cincang
400 gram bawang putih iris tipis
2 sendok teh biji jintan
8 kapulaga hijau
6 sendok makan minyak
1/2 sendok teh bubuk cabai
1 sendok teh bubuk kunyit
6 sendok makan yogurt polos
1 sendok makan susu

Cara Membuat:

Pertama, untuk mengasinkan ayam, ambil mangkuk besar, masukkan yogurt, kunyit, bubuk cabai bersama garam sesuai selera dalam mangkuk kecil. Campur dengan menggunakan sendok dan kemudian, tambahkan paha ayam dalam campuran. Diamkan selama sekitar 20-30 menit, sehingga campuran yogurt diserap dengan benar oleh ayam. Juga, rendam kunyit dalam susu untuk membuat susu kunyit dan sisihkan.

Sementara itu, tuangkan minyak olahan dalam wajan deep-bottomed dalam api sedang. Tambahkan biji jintan dan kapulaga hijau di dalamnya dan tumis sekitar 2 menit. Setelah selesai, segera tambahkan irisan bawang dan goreng selama 2-3 menit. Tambahkan tomat dan haluskan tomat, lalu goreng selama 5 menit.

Selanjutnya, tambahkan irisan cabai hijau ke dalam campuran bersama dengan jahe-bawang putih, goreng lagi adonan selama satu menit. Kemudian, tambahkan bubuk ketumbar dan nyalakan api sedang sambil mengaduk dan memasak masala. Tambahkan ayam yang sudah diasinkan tadi dan aduk sebentar agar bahan menyerap.

Kemudian masak hingga mendidih sampai 5 menit. Pastikan untuk terus mengaduk selama seluruh proses. Anda dapat menambahkan sedikit air, jika konsistensi terlalu kental.

Setelah selesai, matikan api dan tambahkan nasi ke dalam wajan. Taburkan susu kunyit yang sudah direndam bersama garam masala, daun mint, dan ketumbar. Terakhir, tutup nasi dan masak sekitar 5 menit. Setelah selesai, biarkan biryani tetap tertutup selama sekitar 10 menit. Sajikan panas.

Nasi Biryani yang dimasak dengan rempah dan campuran ayam. (ndtv food)

5 Jenis Nasi Biryani

Hyderabadi Murgh Dum Biryani

Nasi Biryani ini lebih kuat dalam hal rasa atau bumbu. Lebih kaya dengan rempah-rempah. Mungkin perlu waktu lebih lama untuk memasak dibandingkan dengan biryani lain yang menggunakan daging yang dimasak.

Makhani Paneer Biryani

Jika seorang vegetarian, Anda bisa memasak sendiri biryani makhani paneer yang lezat ini. Ciri khasnya dengan saus paneer yang kaya, yang dilapisi dengan nasi dan dimasak dengan gaya ‘dum’ khas India.

Awadhi Mutton Biryani

Penuh dengan rasa yang kaya, Nasi Biryani daging kambing ini rasanya sangat lezat. Daging kambing yang segar dan diasinkan, dimasak perlahan dalam rempah-rempah yang dipanggang.

Keema Biryani

Biryani aromatik, dibuat dengan nasi, daging domba cincang (keema), buah-buahan kering, air mawar, dan beragam masala bumbu khas Timur Tengah.

Ayam Quinoa Biryani

Bagi mereka yang melakukan diet tinggi protein, Nasi Biryani ini bisa memenuhi kebutuhan protein. Quinoa adalah makanan super yang merupakan protein tinggi, alternatif rendah karbohidrat yang sangat baik untuk pengganti nasi putih. Ayam juga merupakan sumber protein tanpa lemak.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads